Selama Pandemi, Tingkat Hunian Pusat Perbelanjaan Dilaporkan Stabil

Kompas.com - 05/05/2020, 09:00 WIB
Ilustrasi ritel ShutterstockIlustrasi ritel

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Corona memaksa seluruh pusat perbelanjaan mengurangi aktivitasnya.

Pada awal masa physical distancing, banyak mal yang memperpendek jam operasional, atau bahkan menutup sementara operasinya.

Pengecualian diberikan kepada supermarket, toko obat, perbankan, restoran, dan toko yang melayani belanja online.

Meski demikian, menurut laporan Coldwell Banker, tingkat hunian ritel di Jakarta dan sekitarnya cenderung stabil.

Penurunan terjadi pada jumlah pengunjung sejak akhir Maret. Awalnya, pusat perbelanjaan masih dikunjungi ribuan orang, dan hingga kini hanya ratusan orang per hari.

Baca juga: Tiga Jaringan Ritel Ini Buka Jam Khusus Bagi Manula

Manager Research & Consultancy Coldwell Banker Angra Angreni menuturkan, okupansi penyewa di pusat perbelanjaan Jakarta masih bertengger di angka 91,2 persen dan hanya mengalami penurunan sebesar 0,05 persen.

Begitu pula dengan toko ritel di Bogor, Depok, dan Bekasi yang masih mencatatkan angka stabil yakni 85,1 persen. Adapun tingkat hunian di Tangerang saat ini masih 86,2 persen.

Sementara Leads Property mencatat, okupansi keseluruhan untuk ruang ritel di Jakarta sebesar 93,48 persen, dengan rincian ruang ritel di area Central Business District (CBD) 93,8 pesen dan area non-CBD 93,3 persen.

Selain itu, selama kuartal ini, belum ada pasokan ritel baru di Jakarta. Dengan demikian, total kumulatif pasokan ruang ritel di ibu kota seluas 3,29 juta meter persegi.

Menurut Leads, ke depannya, pasar mungkin akan menerima tambahan ruang ritel seluas 140.500 meter persegi pada akhir tahun.

Kontribusi tambahan ruang ini diperkirakan datang dari lima proyek yang ditargetkan rampung pada tahun ini.

Kelimanya adalah AEON Mall Southgate, Pondok Indah Mall 3, Mall@District 8, Senayan Park, dan Elysee.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X