Semester II, Proyek Tol Cikunir-Ulujami Masuk Tahap Lelang

Kompas.com - 01/05/2020, 16:00 WIB
ilustrasi jalan tol ilustrasi jalan tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan penjajakan minat pasar atau market sounding enam proyek infrastruktur.

Salah satu proyek yang ditawarkan adalah Jalan Tol Cikunir-Ulujami sepanjang 21,5 kilometer.

Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Ditjen Pembiayaan Infrastruktur PUPR Reni Ahiantini mengatakan, nilai investasi dari infrastruktur ini sebesar Rp 21,57 triliun.

Menurut dia, jalan ini merupakan bagian dari jaringan jalan tol di Jabodetabek yang akan dibangun di atas Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) eksisting.

Proyek tol ini diprakarsai oleh PT Marga Metro Nusantara, PT Acset Indonusa Tbk, dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Baca juga: Ini Rincian 6 Proyek Rp 80,84 Triliun yang Ditawarkan kepada Investor

"Titik awal di Jatiasih dan titik akhir di junction Ulujami," ucap Reni dalam konferensi video di Jakarta, Kamis (30/4/2020).

Reni menambahkan, kehadiran tol ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas Tol JORR eksisting serta mengatasi kemacetan yang terjadi pada jam puncak.

Saat ini, progres proyek Tol Cikunir-Ulujami sedang dalam tahap review dokumen lelang. Diharapkan persiapan seluruh dokumen rampung pada kuartal kedua 2020.

"Sehingga nanti pada kuartal ketiga atau Semester II-2020 sudah mulai masuk ke tahap pelelangan," ucap dia.

Jika sesuai jadwal, maka konstruksi tol dapat dimulai pada akhir tahun 2021 dan akan beroperasi pada tahun 2023.

Selain Tol Cikunir-Ulujami, Kementerian PUPR juga menawarkan lima infrastruktur lain yakni Jalan Tol Semanan-Balaraja, dengan biaya investasi Rp 15,53 triliun, Jalan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat, dengan biaya investasi Rp 15,38 triliun.

Kemudian Jalan Tol Akses Patimban, dengan biaya investasi Rp 7,53 triliun, Jalan Tol Semarang Harbour, dengan biaya investasi Rp 12,5 triliun dan Jembatan Batam-Bintan, dengan biaya investasi Rp 8,78 triliun.

Total seluruh nilai investasi dari keenam proyek tersebut sebesar Rp 80,84 triliun.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X