Berikut Profil 6 Proyek KPBU Senilai Rp 80,84 Triliun

Kompas.com - 01/05/2020, 09:13 WIB
Ilustrasi proyek infrastruktur Kementerian PUPRIlustrasi proyek infrastruktur

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menggekar penjajakan minat pasar atau market sounding enam proyek infrastruktur dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha ( KPBU).

Keseluruhan nilai investasi keenam proyek tersebut sebesar Rp 80,84 triliun yang terdiri atas lima jalan tol dan satu jembatan.

Proyek pertama yang ditawarkan adalah Jalan Tol Semanan-Balaraja dengan nilai investasi Rp 15,53 triliun. Proyek ini diprakarsai oleh PT Alam Sutera Realty Tbk dan PT Perentjana Djaja.

Sebagai informasi, jalan bebas hambatan ini rencananya akan dibangun sepanjang 32,39 kilometer dengan enam buah simpang susun.

Baca juga: Ini Rincian 6 Proyek Rp 80,84 Triliun yang Ditawarkan kepada Investor

Adapun pengadaan lahannya dilaksanakan pada tahun 2020. Sementara konstruksi proyek ini akan dilakukan pada 2022. Dengan demikian, Tol Semanan-Balaraja diharapkan dapat beroperasi pada tahun 2024.

Proyek kedua adalah Jalan Tol Layang Cikunir-Ulujami. Nilai investasi dari proyek yang diprakarsai oleh PT Marga Metro Nusantara, PT Acset Indonusa Tbk, dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk dengan biaya investasi sebesar Rp 21,57 triliun.

Pembangunannya akan dimulai pada tahun 2021 dan beroperasi pada 2023.

Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Ditjen Pembiayaan Infrastruktur PUPR Reni Ahiantini menuturkan, jalan ini merupakan bagian dari jaringan jalan tol di Jadebotabek yang akan dibangun di atas Tol Jakarta Outer Ring Road eksisting.

"Tol ini memiliki panjang 21,5 kilometer dengan titik awal di Jatiasih dan titik akhir di junction Ulujam," ucap Reni dalam konferensi video di Jakarta, Kamis (30/4/2020).

Selanjutnya adalah proyek Jalan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat, dengan biaya investasi Rp 15,38 triliun. Proyek ini diprakarsai oleh PT Pamapersada Nusantara.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X