Masyarakat Papua Barat Terima Rumah Tipe 36 Siap Huni

Kompas.com - 26/04/2020, 14:14 WIB
Rumah khusus (rusus) di Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat. Dok. TIM KOMUNIKASI PUBLIK SNVT PENYEDIAAN PERUMAHAN PROVINSI PAPUA BARAT/ BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPRRumah khusus (rusus) di Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaksankan serah terima kunci untuk 20 unit rumah khusus (rusus) masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kabupaten Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat.

“Kami telah menyelesaikan pembangunan dan melakukan serah terima kunci rusus sebanyak 20 unit rumah kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pegunungan Arfak,” ujar Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Papua Barat Phiter Pakabu dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (26/4/2020).

Serah terima tersebut dilaksanakan oleh Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Papua Barat Phiter Pakabu didampingi oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Rumah Susun dan Khusus Ferry Moya kepada Sekretaris Dinas Perumahan Kabupaten Pegunungan Arfak Anton Meyum di Distrik Anggigida, Kampung Sisrang, Papua Barat.

Baca juga: Mahasiwa Universitas Tadulako Dapat Bantuan Rusun 24 Meter Persegi

Proses serah terima rusus ditandai dengan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Kunci kepada penerima bantuan.

“Bantuan rusus tersebut diperuntukkan bagi MBR yang bertempat tinggal di daerah tersebut. Sebanyak 20 unit rumah khusus yang dibangun oleh Kementerian PUPR memiliki bangunan tipe 36 dan sudah dalam kondisi siap huni,” ucap Phiter.

Rusus tersebut berlokasi di Kampung Sisrang Kabupaten Pegunungan Arfak yang dibangun pada tahun 2019 dengan anggaran sebesar Rp 5,29 miliar.

Adapun kontraktor pelaksana pembangunan proyek pembangunan rusus tersebut yakni, CV. Pilar Utama Sampurna.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perumahan Kabupaten Pegunungan Arfak Anton Meyum menyampaikan, masyarakat di kampung ini sangat bersyukur dengan adanya bantuan rumah khusus untuk para warga di daerahnya.

Menurutnya, rumah merupakan salah satu kebutuhan setiap orang yang harus dipenuhi sehingga mereka bisa lebih fokus bekerja mencari kebutuhan sehari-hari untuk keluarga.

Anton mengingatkan, agar setiap warga penerima bantuan rusus ini dapat menjaga dan merawatnya dengan baik.

“Saya juga meminta kepada warga yang telah menerima bantuan ini agar hunian rumah ini dijaga dan dirawat. Selain itu para penghuni rumah khusus juga wajib menjaga keamanan sehingga tercipta suasana yang kondusif,” ucap Anton.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X