Tahun Ini, Program Kota Tanpa Kumuh Dilaksanakan di 364 Kelurahan

Kompas.com - 23/04/2020, 22:00 WIB
Program Kotaku Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRProgram Kotaku

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan instruksi percepatan Program Padat Karya Tunai (PKT) guna mempertahankan daya beli masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan di tengah pandemi Covid-19.

Untuk memenuhinya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menggelontorkan anggaran Rp 10,22 triliun.

Dana tersebut digunakan untuk membiayai berbagai program PKT yang tersebar di 34 Provinsi.

Baca juga: Proyek Kotaku Dianggap Hanya Menggusur Permukiman Kumuh

Salah satunya adalah dengan melakukan penataan Kota Tanpa Kumuh ( Kotaku).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, tahun ini Program Kotaku dilaksanakan di 364 kelurahan di seluruh Indonesia. Anggaran yang digelontorkan sebesar Rp 382 miliar.

"Setiap tahapan pelaksanaan Program Padat Karya dilakukan sesuai dengan Protokol COVID-19, seperti menjaga jarak fisik, menggunakan masker, dan menghindari kerumunan,” kata Basuki seperti dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Rabu (22/4/2020).

Program ini merupakan pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat untuk mendukung program 100-0-100, yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

Di samping menjalankan program reguler yang sudah ada, dilakukan pula upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Adapun upaya yang dilakukan antara lain penyediaan alat cuci tangan, penyemprotan disinfektan, hingga pembagian sembako.

 

 

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X