Berikut Sejumlah Manfaat Kaca Film untuk Rumah

Kompas.com - 23/04/2020, 21:00 WIB
Ilustrasi kaca film. bestconsumerreviews.comIlustrasi kaca film.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan pemilik rumah untuk menghemat energi serta menyelamatkan lingkungan, salah satunya menggunakan lapisan pelindung pada jendela rumah. 

Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi panas dan banyaknya radiasi masuk yang ditimbulkan dari cahaya sinar matahari.

Dengan begitu, sinar matahari yang masuk melalui kaca dapat menyebarkannya secara merata ke seluruh ruangan rumah.

Business Manager Commercial Solutions Division PT 3M Indonesia Razi Raziansyah mengungkapkan, teknologi kaca film (window film) secara signifikan mampu mengurangi panas yang ditimbulkan dari cahaya sinar matahari. Hal ini akan memberikan efek udara sejuk pada suatu ruangan.

Baca juga: Kaca Film, Solusi Kenyamanan dan Keamanan Jendela Rumah

“Teknologi kaca film dari 3M bekerja mengurangi panas serta menolak radiasi infrared sampai 97 persen dan ultraviolet hingga 99 persen. Artinya, kaca film dapat memberi perlindungan dan kualitas udara yang sejuk pada suatu ruangan atau bangunan," jelas Razi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (23/4/2020).

Penggunaan kaca film pada rumah juga memiliki beragam fungsi, yakni menghemat listrik hingga 78 persen dan melindungi efek buruk sinar UV.

Kaca film juga dapat membantu kurangi efek panas dari sinar UV yang dapat memudarkan cat dinding, karpet, wallpaper, lantai kayu, foto, lukisan, dan barang lainnya di rumah.

Kaca film 3M diketahui bisa menjaga konsistensi suhu dalam tiap ruangan dengan baik serta mengurangi silau yang muncul pada layar televisi atau komputer.

Razi menyampaikan,kaca film 3M tersebut diharapkan dapat memberi solusi inovatif berkualitas yang sudah melewati serangkaian penelitian dan uji coba terlebih dahulu.

“Kaca film non-metal ini juga tidak mengandung logam sehingga ramah lingkungan dan tidak akan mengganggu sinyal ponsel, GPS, maupun perangkat elektronik lainnya yang menggunakan frekuensi radio,” tutup Razi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X