Kompas.com - 07/04/2020, 22:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 5 (Pakis-Malang), mulai beroperasi hari ini, Selasa (7/4/2020) pukul 21.00 WIB. 

Jadwal pengoperasian ini mengalami perubahan. Sedianya, berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 314/KPTS/M/2020, ruas ini dibuka pada Selasa (7/4/2020) pukul 06.00 WIB.

Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) Agus Purnomo operasionalisasi ruas tol ini dilakukan tanpa tarif (Rp 0,-) sampai dengan waktu yang akan ditentukan oleh Pemerintah.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk sosialisasi, khususnya masyarakat di sekitar Surabaya dan Malang.

Baca juga: Bisnis Jalan Tol Anjlok, Pemerintah Upayakan Sejumlah Stimulus

Selama masa uji coba pengoperasian Seksi Pakis-Malang, bagi pengguna jalan tol yang masuk dari Gerbang Tol (GT) Pandaan, Purwodadi, Lawang, atau Singosari menuju Malang, di gerbang tol keluar tetap wajib membayar tarif tol sampai dengan GT Pakis, sesuai golongan kendaraan dan asal gerbang.

Begitu juga sebaliknya untuk kendaraan dari GT Malang ke Singosari, Lawang, Purwodadi atau Pandaan lewat jalan tol, di gerbang tol keluar tetap wajib membayar tarif tol yang diperhitungkan dari GT Pakis, sesuai golongan kendaraan.

"Dengan demikian, tarif (Rp.0,-) hanya berlaku untuk perjalanan Pakis-Malang dan sebaliknya," kata Agus dalam keterangan tertulis.

Tol Pandaan-Malang Seksi 5 Beroperasi Selasa (7/4/2020).Jasamarga Pandaan Malang Tol Pandaan-Malang Seksi 5 Beroperasi Selasa (7/4/2020).
Seksi Pakis-Malang merupakan Seksi terakhir dari Jalan Tol Pandaan-Malang yang dikelola oleh PT JPM dengan lima seksi sepanjang 38,48 kilometer.

Seksi I Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,47 kilometer, Seksi II Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 kilometer dan Seksi III Lawang-Singosari sepanjang 7,10 kilometer.

Selanjutnya Seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4,75 kilometer dan Seksi V Pakis-Malang sepanjang 3,11 kilometer.

Sebelumnya, pada 13 Mei 2019 telah dioperasikan Seksi I sampai III dan dilanjutkan pengoperasian Seksi IV pada tanggal 1 November 2019.

Dengan dioperasikannya kelima Seksi hari ini, maka Jalan Tol Pandaan-Malang telah beroperasi penuh.

Agus menambahkan, jika sebelumnya untuk menuju ke tengah kota Malang melalui GT Pakis kemudian keluar melalui jalan arteri Ki Ageng Gribig memakan waktu sekitar 30 menit, kini dengan tersambungnya Tol Pandaan-Malang dari GT Pakis keluar GT Malang membutuhkan waktu hanya 10 menit.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.