Perhatikan, 6 Hal Ini Bikin Rumah Susah Laku

Kompas.com - 26/03/2020, 20:00 WIB
Rumah susah dijual ShutterstockRumah susah dijual

KOMPAS.com - Seperti pakaian dan aksesori, menjual rumah memerlukan upaya lebih agar menarik calon pembeli.

Kondisi fisik rumah yang apik dan terawat bisa menjadi daya tarik bagi calon pembeli. Bila kondisi terawat sudah terpenuhi, rumah akan lebih berpotensi cepat laku dibandingkan  dengan yang tidak terawat.

Bukan hanya soal kondisi fisik rumah, masih banyak faktor lain yang membuat rumah sulit terjual.

Simak enam hal berikut ini:

1. Kondisi Rumah Berantakan dan Tidak Terawat

Sebesar atau semegah apa pun rumah, bila keadaannya berantakan dan tidak terawat, tidak ada calon pembeli yang tertarik.

Sebagai contoh, halaman yang penuh sampah dan dedaunan kering, lantai yang kotor, furnitur-furnitur yang berantakan atau rusak, rumah beraroma kurang sedap, hingga masalah-masalah teknis seperti kebocoran atau berjamur.

Meski tidak berpenghuni, rumah yang akan dijual harus tetap dirawat untuk mempertahankan daya tariknya.

2. Desain Kuno dan Tidak Menarik

Tren desain interior dan gaya arsitektur selalu berganti dari waktu ke waktu. Misalnya, saat ini rumah yang laku di pasaran adalah yang berdesain modern atau minimalis.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X