UPDATE: Progres Konstruksi Jembatan Teluk Kendari Capai 85 Persen

Kompas.com - 26/03/2020, 13:00 WIB
Jembatan Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara. Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRJembatan Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan Jembatan Teluk Kendari sepanjang 1,34 kilometer.

Saat ini, progres konstruksi jembatan yang menghubungkan kawasan Pelabuhan Kota Lama dengan Kecamatan Poasia di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tersebut sudah mencapai 85 persen.

Jembatan ini dibangun untuk mendukung konektivitas pengembangan wilayah selatan Kota Kendari yakni Poasia dan Pulau Bungkutoko.

Kedua wilayah tersebut nantinya dikembangkan menjadi kawasan industri, Pelabuhan Kendari New Port, serta kawasan permukiman baru.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, konektivitas antar wilayah diperlukan agar mobilitas barang, jasa, dan manusia lebih efisien.

Dengan konektivitas yang lancar, diharapkan pertumbuhan ekonomi daerah meningkat. Sehingga, nantinya dapat membantu proses percepatan pembangunan di wilayah tersebut.

Baca juga: Dua Tahun, Target Rampungnya Jembatan Teluk Kendari

"Pembangunan infrastruktur jembatan, flyover dan underpass akan memperlancar konektivitas dan aksesibilitas lalu lintas di samping memberikan alternatif bagi warga untuk meningkatkan produktivitas perekonomian," ujar Basuki dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Kamis (26/3/2020).

Pembangunan Jembatan Teluk Kendari dilaksanakan oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XXI Kendari Ditjen Bina Marga.

Konsorsium kontraktornya adalah PT PP (Persero) Tbk dan PT Nindya Karya (Persero) dengan biaya APBN sebesar Rp 809 miliar melalui skema kontrak tahun jamak 2015-2020.

Pengerjaan konstruksi jembatan tersebut terdiri dari pembangunan jalan pendekat sepanjang 602, 5 meter, approach span sepanjang 357, 7 meter, side span sepanjang 180 meter, bentang utama atau main span sepanjang 200 meter.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X