Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Ruas Tol Siap Beroperasi April 2020

Kompas.com - 18/03/2020, 19:54 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga ruas tol siap beroperasi pada April 2020 mendatang. Ketiga ruas tol tersebut adalah Tol Manado-Bitung Seksi I, Tol Pekanbaru-Dumai dan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Seksi Kayu Agung-Jakabaring).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, tiga ruas tol ini telah menjalani uji laik fungsi.

“Saya harap April Tol Pekanbaru-Dumai dan Manado-Bitung sampai Danowudu sudah selesai konstruksinya, sehingga bisa beroperasi April mendatang," kata Basuki dalam keterangan yang dikutip Kompas.com, Rabu (18/3/2020).

Baca juga: Peresmian Tol Trans Sumatera Ruas Kayu Agung-Palembang Ditunda

Basuki merinci, Tol Manado-Bitung dirancang sepanjang 39 kilometer. Progres pembangunan Seksi I (Manado-Airmadidi) sepanjang 14 kilometer telah mencapai 100 persen, baik lahan dan fisik.

Seksi 2A (Airmadidi-Kauditan) sepanjang 6,5 kilometer menunjukkan progres fisik 98,16 persen dan lahan 99,61 persen, ditargetkan selesai pada April 2020.

Tol Pekanbaru-DumaiBiro Komunikasi Kementerian PUPR Tol Pekanbaru-Dumai
Seksi 2B (Kauditan-Bitung) sepanjang 18,5 kilometer dengan perkembangan fisik 45,59 persen dan lahan 97,25 persen, dijadwalkan rambung akhir Desember 2020.

Menurut Basuki, pengembangan Tol Manado-Bitung bertujuan untuk mengurangi biaya logistik dari dan menuju ke Pelabuhan Internasional Bitung.

Keberadaan tol ini juga akan mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan pendukung kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) Manado–Bitung–Likupang.

"Termasuk akses ke Pulau Lembeh. Tol ini akan memangkas jarak tempuh yang tadinya 90 menit menjadi 30 menit saja," imbuh Basuki.

Kedua adalah Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer. Progres pembangunan Seksi I (Pekanbaru-Minas) sepanjang 9,5 kilometer tembus 100 persen baik fisik dan lahan.

Sementara Seksi 2-6 sepanjang 120,9 kilometer dilaporkan mengalami kemajuan fisik 89,19 persen dan lahan 94,26 persen, ditargetkan selesai pada akhir April 2020.

Kehadiran tol ini akan meningkatkan konektivitas Kota Pekanbaru sebagai Ibu Kota Provinsi Riau dengan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju.

Tol ini akan memperpendek jarak tempuh antara Pekanbaru-Dumai menjadi 131 kilometer dari sebelumnya 200 kilometer melalui jalur nasional.

Di Seksi IV Tol Pekanbaru-Dumai juga dibangun empat terowongan perlintasan gajah sebagai bentuk harmonisasi infrastruktur dengan alam.

Sebab seksi ini melintasi Kawasan Suaka Margasatwa Balai Raja dan Siak Kecil di mana keduanya merupakan koridor perlintasan Gajah Sumatera dengan jumlah populasi sekitar 50 ekor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com