Kompas.com - 18/03/2020, 19:54 WIB
Tol Palembang-Kayu Agung-Betung Biro Komunikasi Kementerian PUPRTol Palembang-Kayu Agung-Betung

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga ruas tol siap beroperasi pada April 2020 mendatang. Ketiga ruas tol tersebut adalah Tol Manado-Bitung Seksi I, Tol Pekanbaru-Dumai dan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Seksi Kayu Agung-Jakabaring).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, tiga ruas tol ini telah menjalani uji laik fungsi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saya harap April Tol Pekanbaru-Dumai dan Manado-Bitung sampai Danowudu sudah selesai konstruksinya, sehingga bisa beroperasi April mendatang," kata Basuki dalam keterangan yang dikutip Kompas.com, Rabu (18/3/2020).

Baca juga: Peresmian Tol Trans Sumatera Ruas Kayu Agung-Palembang Ditunda

Basuki merinci, Tol Manado-Bitung dirancang sepanjang 39 kilometer. Progres pembangunan Seksi I (Manado-Airmadidi) sepanjang 14 kilometer telah mencapai 100 persen, baik lahan dan fisik.

Seksi 2A (Airmadidi-Kauditan) sepanjang 6,5 kilometer menunjukkan progres fisik 98,16 persen dan lahan 99,61 persen, ditargetkan selesai pada April 2020.

Tol Pekanbaru-DumaiBiro Komunikasi Kementerian PUPR Tol Pekanbaru-Dumai
Seksi 2B (Kauditan-Bitung) sepanjang 18,5 kilometer dengan perkembangan fisik 45,59 persen dan lahan 97,25 persen, dijadwalkan rambung akhir Desember 2020.

Menurut Basuki, pengembangan Tol Manado-Bitung bertujuan untuk mengurangi biaya logistik dari dan menuju ke Pelabuhan Internasional Bitung.

Keberadaan tol ini juga akan mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan pendukung kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) Manado–Bitung–Likupang.

"Termasuk akses ke Pulau Lembeh. Tol ini akan memangkas jarak tempuh yang tadinya 90 menit menjadi 30 menit saja," imbuh Basuki.

Kedua adalah Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer. Progres pembangunan Seksi I (Pekanbaru-Minas) sepanjang 9,5 kilometer tembus 100 persen baik fisik dan lahan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.