Tiga BUJT Kompak Terapkan Mitigasi Covid-19 di Gerbang Tol

Kompas.com - 18/03/2020, 21:00 WIB
PT Hutama Karya (Persero) Melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 di Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Selasa (17/3/2020). Hutama KaryaPT Hutama Karya (Persero) Melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 di Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Selasa (17/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesadaran untuk melakukan pencegahan penyebaran virus corona, mulai meningkat di kalangan pengelola jalan tol anggota Asosiasi Tol Indonesia (ATI).

Tiga di antaranya adalah Astra Infra dan dua BUJT pelat merah yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Hutama Karya (Persero).

CEO Toll Road Business Group Astra Infra Kris Ade Sudiyono mengatakan Astra Toll sudah menyiapkan kebijakan, prosedur, maupun mekanisme mitigasi, pencegahan, penanganan, termasuk business continuity plan (BCP).

"Aktivasi atas suatu kebijakan senantiasa kami koordinasikan dengan Astra International selaku induk usaha, maupun dengan instansi-intansi terkait lainnya, mengiluti perkembangan di lapangan," tutur Kris menjawab Kompas.com, Rabu (18/3/2020).

Baca juga: Cegah Corona, Hutama Karya Tak Terima Kunjungan Tamu

Dia melanjutkan, prioritas Astra Infra saat ini adalah menjaga kesehatan semua karyawan dan tim yang terlibat, seraya memastikan layanan operasional tol termasuk gerbang tol, kepada masyarakat tidak terganggu dan tetap berjalan dengan baik.

Sementara PT Jasa Marga (Persero) Tbk  bersama kelompok usaha Jasa Marga Group di seluruh Indonesia melakukan langkah mitigasi pengendalian Covid-19 lainnya. Tak hanya di lingkungan rest area, melainkan juga di gerbang tol.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso menjelaskan, mitigasi yang dilakukan di ranah operasional gerbang tol sangat penting.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk terapkan mitigasi Covid-19 di gerbang-gerbang tol kelolaan, mulai Senin (16/3/2020).Jasa Marga PT Jasa Marga (Persero) Tbk terapkan mitigasi Covid-19 di gerbang-gerbang tol kelolaan, mulai Senin (16/3/2020).
Hal ini karena gerbang tol merupakan ujung tombak transaksi yang melibatkan pengguna jalan maupun Petugas Customer Service (CS) dan Mobile Customer Service (MCS).

“Sesuai dengan arahan Presiden dan Kementerian BUMN, pelayanan publik operasional jalan tol tetap berjalan dengan normal. Untuk itu diperlukan mitigasi pengendalian Covid-19 di gerbang tol yang dimulai dari kebersihan lajur transaksi di setiap gerbang tol,” jelas Heru.

Baca juga: Jasa Marga Gelar Mitigasi Corona di Rest Area

Selain bekerja dengan Alat Pelindung Diri (APD) berupa rompi dan masker, para petugas CS mulai Senin (16/3/2020), dilengkapi dengan sarung tangan terutama petugas CS yang berinteraksi dengan pengguna jalan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X