Orang Superkaya Indonesia Bakal Bertambah 57 Persen

Kompas.com - 16/03/2020, 16:30 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam kurun 2019-2024, Indonesia akan mencatat pertumbuhan tercepat kelima di dunia dalam populasi individu berpendapatan ultra tinggi atau ultra high net worth individual  (UHNWI).

Survei Knight Frank melaporkan, pertumbuhan populasi UHNWI Negara ini dengan pendapatan bersih lebih dari 30 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 447,8 miliar akan mencapai 57 persen menjadi 1.060 orang.

Menurut Country Head Knight Frank Indonesia Willson Kalip, dengan pencapaian ini Indoensia berada di posisi lima besar dengan pertumbuhan tercepat di bawah India, Mesir, Vietnam, dan China.

Sementara secara global, pertumbuhan populasi UHNWI dunia dalam lima tahun mendatang akan berada pada angka 27 persen menjadi 650.000 jiwa.

Baca juga: Pasar Apartemen untuk Orang Kaya Tajir Melintir Tak Pernah Surut

"Posisi Asia sebagai pusat kekayaan akan terus bertahan pada periode ini dengan perkiraan tumbuh 44 persen," ujar Willson dalam riset yang diterima Kompas.com, Senin (16/3/2020).

Pertumbuhan jumlah UHNWi ini didorong oleh kelas menengah. Dan pasar-pasar berkembang seperti India, Vietnam, China, Indonesia, dan Malaysia diperkirakan akan melampaui tingkat pertumbuhan UHNWI di negara-negara maju seperti Korea Selatan, Jepang, dan Singapura.

Negara-negara yang menjadi pusat kekayaan dunia tersebut, menurut Willson, sudah mengalami kejenuhan.

Berikut peringkat pertumbuhan populasi individu dengan kekayaan bersih lebih dari 30 juta dollar AS selama lima tahun 2019-2024.

1. India 73 persen
2. Mesir 66 persen
3. Vietnam 64 persen
4. China 58 persen
5. Indonesia 57 persen
6. Tanzania 54 persen
7. Swedia 47 persen
8. Romania 42 persen
9. Selandia Baru 37 persen
10. Malaysia 35 persen

Survei ini dilaksanakan pada November 2019 dengan 620 penasihat kekayaan yang mengelola sekitar 3.3 triliun dollar AS atas nama para UHNWI di seluruh dunia.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X