Hadapi Virus Corona, Ini 6 Langkah yang Wajib Dilakukan Rumah Sakit

Kompas.com - 06/03/2020, 20:00 WIB
Ilustrasi rumah sakit SHUTTERSTOCKIlustrasi rumah sakit

KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia telah memastikan jumlah pasien positif virus Corona bertambah 2 orang per Jumat (6/3/2020).

Dengan demikian, sampai berita ini ditayangkan terdapat 4 pasien positif virus Covid-19 di Tanah Air.

Country President Director Schneider Electric Indonesia Xavier Denoly mengatakan kesiapan rumah sakit dan tenaga medis menjadi tonggak utama dalam mengobati dan merawat pasien positif maupun suspect Corona.

“Tidak hanya itu, rumah sakit juga memiliki peran sangat penting dalam mencegah risiko penyebaran virus Corona di lingkungan rumah sakit,” ujarnya melalui rilis tertulis yang Kompas.com terima Jumat (6/3/2020).

Sebagaimana panduan yang diberikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), lanjutnya, petugas kesehatan harus segera mengisolasi pasien dengan gejala Covid-19 atau infeksi pernapasan lainnya.

Dalam hal ini, pasien harus diberikan masker bedah sampai ditempatkan di Ruang Isolasi Infeksi (Airborne Infection Isolation Room).

Baca juga: BREAKING NEWS: 2 Orang Lagi Dinyatakan Positif Corona, Total 4 Pasien

Oleh karena itu, sangat penting bagi manajemen untuk menerapkan prosedur yang ketat dalam memastikan kebersihan fasilitas kesehatannya dan memanfaatkan teknologi untuk mengantisipasi kelalaian manusia (human error) yang berisiko terhadap kesehatan banyak orang.

Dalam kesempatan tersebut, Schneider Electric pun berbagi tips menjaga kebersihan lingkungan rumah sakit untuk mencegah risiko penyebaran wabah virus Corona.

Berikut enam langkah yang harus dilakukan:

Ilustrasi rumah sakit.Shutterstock Ilustrasi rumah sakit.

1. Menjaga sirkulasi udara

Meskipun virus ini dianggap mampu menular melalui tetesan (pernapasan), tetapi masih belum jelas tentang berapa lama Covid-19 dapat bertahan di udara atau di permukaan yang terkontaminasi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X