Wamen PUPR Tinjau Sumur Eksplorasi Air Baku di Gorontalo

Kompas.com - 28/02/2020, 08:41 WIB
Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo melakukan kunjungan kerja di Desa Sukamulya, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Rabu (27/2/2020). Rosiana Haryanti/Kompas.comWakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo melakukan kunjungan kerja di Desa Sukamulya, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Rabu (27/2/2020).

BOALEMO, KOMPAS.com - Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jhn Wempi Wetipo melakukan kunjungan kerja ke sejumlah lokasi di Provinsi Gorontalo.

Salah satu lokasi yang ia kunjungi adalah Desa Sukamulya yang berada di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo.

Di sini, John meninjau infrasrtuktur sumur eksplorasi atau produksi dan prasarana air tanah untuk air baku yang dikerjakan oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi II.

Dia mengatakan, di Kabupaten Boalemo terdapat lima titik pembangunan sumur yakni Desa Sukamulya, Desa Raharja, Desa Saritani, Desa Dimito, dan Desa Apitalawu.

Baca juga: Demi Kelancaran Infrastruktur, Wamen PUPR Ajak Dialog Warga Papua

"Program seperti ini juga harus dilaksanakan bukan hanya di Kabupaten Boalemo tapi di beberapa kabupaten lain," ujar John di Boalemo, Kamis (27/2/2020).

Di setiap titik pembangunan sumur eksplorasi dengan volume 27.000 liter, masing-masing dibangun delapan buah hidran umum yang dapat mengalirkan air dengan debit 2,5 liter per detik dan digunakan untuk melayani 100 Kepala Keluarga (KK).

Dana untuk membangun bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2019 sebesar Rp 7,68 miliar.

Pembangunan sumur eksplorasi atau produksi dan prasaran air tanah untuk air baku ini dilakukan untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat setempat akan air bersih.

Wakil Bupati Boalemo Anas Jusuf menuturkan, pembangunan sumur tersebut mampu membantu warga yang selama ini mengalami krisis air bersih.

Pasalnya, kelima desa itu berada di dataran tinggi. Bahkan sebelumnya, warga harus menggali sumur sedalam lebih dari 30 meter.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X