Kompas.com - 28/02/2020, 07:00 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Ketua Ikatan Arsitek Indonesia Ahmad Djuhara mengatakan, pameran ARCH:ID ini tak hanya untuk masyarakat luas, namun juga mengajak Pemerintah agar menghargai karya para arsitek di Indonesia.

“Kami berjuang terus agar bisa mengajak masyarakat dan Pemerintah untuk menghargai sebuah desain,” ujar Djuhara saat konferensi pers di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (27/2/2020).

Selama ini bangsa Indonesia masih belum menghargai karya para arsitek. Hal ini terbukti masih rendahnya upah yang diterima para arsitek. 

Baca juga: Pameran Arsitektur “ARCH:ID” Bidik 10.500 Pengunjung

Karya arsitek pun hanya dimaknai dengan "harga terendah", bukan dengan "desain terbaik", atau "karya terbaik".

Maka dari itu, imbuh Djuhara, pameran ARCH:ID ini ingin menyadarkan Pemerintah agar  menghargai karya para arsitek.

Selain itu, juga mengedukasi masyarakat untuk tidak melakukan plagiarisme karya para arsitek di Indonesia.

ARCH:ID dikemas sangat berbeda dengan pameran arsitektur pada umumnya karena terdapat unsur desain yang kuat.

“ARCH:ID ini berbeda dari kegiatan-kegiatan yang lain karena ada unsur desain yang sangat kuat dan sangat kental,” ucap Ahmad.

Baca juga: Pameran Arsitektur “ARCH:ID” Akan Berlangsung 3 Hari

Pameran ARCH:ID menampilkan 172 booth yang diisi oleh 70 brand lokal dan internasional dengan kategori produk yang terdiri dari Architecture and Interior Design, Bath & Sanitaryware, Building Hardeare Products & Materials, Adhesive & Sealant, dan lain sebagainya.

ARCH:ID dibuka untuk masyarakat umum. Untuk masuk ke pameran, pengunjung hanya perlu melakukan registrasi dan tidak dikenakan biaya masuk.

Pameran ini digelar selama 3 hari yaitu pada 27-29 Februari 2020 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.