Grebe, Cara Baru Milenial Belanja Online Sambil Coba Barang

Kompas.com - 23/01/2020, 20:41 WIB
YouTuber Arief Muhammad dan Tiara Pangestika. Instagram/@tiarapangestikaYouTuber Arief Muhammad dan Tiara Pangestika.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren belanja daring (online) saat ini sangat digemari milenial. Namun terkadang, banyak pula yang merasa kecewa setelah berbelanja.

Penyebabnya bisa berbagai hal. Ada yang merasa barang belanjaannya tidak sesuai dengan gambar, ada pula yang kecewa karena barang yang dibeli tidak sesuai fungsi.

Kondisi ini dilihat Youtuber Arief Muhammad sebagai peluang. Dalam salah satu videonya, dia memperkenalkan marketplace baru bernama Grebe.

Arief menjelaskan, konsep Grebe menggabungkan tren belanja online dengan pengalaman yang dihadirkan lewat belanja offline.

Baca juga: NWP Retail Caplok Dua Pusat Belanja Milik Lippo

Pengunjung dapat melihat dan mencoba berbagai produk yang ditawarkan sebelum membelinya.

Bila dirasa cocok, konsumen bisa langsung membelinya dengan cara daring. Tak hanya itu, Grebe juga disebut akan menghadirkan komunitas, konsultasi, serta berbagai acara.

Tak pelak, konsep ini dinilai sebagai salah satu peluang untuk menghadirkan ide segar dalam industri ritel.

Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto mengatakan, setidaknya selama 2-3 tahun terakhir ide baru untuk menggabungkan konsep ritel online ke toko offline telah terjadi di beberapa pusat perbelanjaan.

Kombinasi tersebut, menurut Ferry, dilakukan agar kedua model bisnis itu dapat saling menghidupi.

Baca juga: Penutupan Toko Ritel Diprediksi Masih Berlanjut Tahun Ini

"Bisnis ritel memerlukan ide kreatif untuk semakin menghadapi tantangan dan mengakomodasi kebutuhan experience berbelanja dan gaya hidup, terutama anak-anak muda atau generasi milenial saat ini," tutur Ferry kepada Kompas.com, Kamis (23/1/2020).

Menurutnya, konsep tersebut dapat memberikan warna baru serta diharapkan bisa memberikan keuntungan baik kepada peritel maupun kepada pemilik pusat perbelanjaan.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X