Tak Hanya Kantor, Apartemen di Sepanjang Rute MRT Lebih Dicari

Kompas.com - 30/07/2019, 16:39 WIB
Ilustrasi apartemen ShutterstockIlustrasi apartemen

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam lima tahun ke depan, Jakarta akan diramaikan oleh  pengembangan hunian berbasis transit oriented development (TOD) terintegrasi moda raya terpadu (MRT).

Beberapa proyek baru yang sedang digarap di sepanjang jalur MRT ini adalah SQ Res milik PT Intiland Development Tbk dan Arumaya yang dikembangkan Astra Property.

Sedangkan yang telah beroperasi dan sedang dalam pembangunan adalah Branz Simatupang dari Tokyu Land dan Fatmawati City Center yang dibangun Agung Sedayu Group.

"Proyek-proyek tersebut lebih dicari, dan segmennya memang untuk menengah atas," ujar Senior Manager Reserach and Consultancy Leads Property Indonesia Samuel Martin Hutapea kepada Kompas.com, Selasa (30/7/2019).

Menurut Martin, hunian di sekitar jalur MRT, akan lebih berpotensi dikembangkan untuk segmen menengah atas (entry level) karena lokasi Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat lebih premium dibandingkan lokasi di sekitar jalur LRT yang sebagian besar berada di Jakarta Timur, Bekasi dan Bogor.

Baca juga: Marmer Italia, Kloset Jerman, Ini Spesifikasi Apartemen Mewah Jakarta

Terbukti mereka yang menggunakan MRT, yang sampai saat ini sudah mencapai angka 90.000 per orang per hari, adalah karyawan di perkantoran sepanjang koridor Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.

"Jadi, apartemen-apartemen ini yang lebih dimintai konsumen menengah ke atas saat ini," imbuh Martin.

Tak hanya bagi pembeli, tren MRT yang mengubah gaya hidup masyarakat juga berdampak pada pengembang yang dengan agresif menawarkan hunian sesuai dinamika zaman.

Unit-unit apartemen yang masih kosong akan difungsikan sebagai Co-Living untuk menarik pengusaha-pengusaha start-up companies.

Baca juga: Ini Lima Apartemen Mewah Termahal di Jakarta

Sementara untuk pasar kondominium mewah, akan dijual sebagai branded residence yang dikombinasikan dengan apartemen servis. Pada umumnya hunian seperti ini berada di CBD dan lokasi tertentu di Jakarta Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X