Infrastruktur Tersambung Kawasan Ekonomi, Potensial Tarik Investasi

Kompas.com - 21/07/2019, 18:39 WIB
Kepala BPJT Danang Parikesit KOMPAS.com / DANI PRABOWOKepala BPJT Danang Parikesit

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol ( BPJT) Danang Parikesit menilai rencana presiden terpilih, Joko Widodo ( Jokowi), menyambungkan infrastruktur besar dengan kawasan industri, dapat membuka keran investasi baru di sektor ini.

"Potensi investasi baru sangat memungkinkan, apakah itu nantinya berupa prakarsa badan usaha atau perubahan lingkup pengelola tol yang ada," kata Danang di Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Ia menuturkan, banyak akses menuju kawasan industri, pelabuhan maupun bandara yang hingga kini masih belum terkoneksi dengan baik.

Hal tersebut merupakan peluang bagi investor untuk menanamkan modal untuk membangun akses konektivitas tersebut.

Baca juga: Tanggapan Atas Visi Infrastruktur Jokowi, Baru di Ujung Hilir

"Sama seperti Makassar New Port, itu ada dua kilometer koneksi antara port ke jalan tol yang ada di Sulsel. Itu belum tertangani, bagaimana kalau itu dikembangkan sebagai perubahan lingkup mereka," urai Danang.

Contoh lainnya seperti akses Tanjung Priok dan Patimban. Menurut Danang, ada sekitar 200 kilometer jalan akses penghubung yang masih bisa dibangun, baik melalui investasi baru maupu penambahan ruang lingkup oleh badan usaha.

Selain Makassar, hampir semua pelabuhan besar, Belawan kan sudah, Kuala Tanjung kita lihat ada koneksi yang putus.

"Jambi juga ada, Palembang kita lihat juga. Di Cirebon kan ada juga yang mau dikembangkan Pelindo II. Hampir aemua pelabuhan yang dikelola BUMN akan kita review semua," imbuhnya.

Sebelumnya, saat pidato Visi Indonesia Jokowi mengungkapkan rencana untuk melanjutkan pembangunan proyek infrastruktur.

Terutama, infrastruktur penunjang konektivitas untuk menghubungkan infrastruktur besar dengan kawasan produksi rakyat, seperti kawasan industri kecil, kawasan ekonomi khusus, hingga kawasan pariwisata.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X