Ada Cinta pada Motif Batik Truntum di Masjid Kubus Solo

Kompas.com - 09/05/2019, 12:00 WIB
Eksterior bangunan Masjid Siti Aisyah saat malam hari                           Kompas.com/ROSIANA HARYANTIEksterior bangunan Masjid Siti Aisyah saat malam hari

SOLO, KOMPAS.com - Aritektur masjid di Indonesia kini muncul dengan tampilan visual yang cantik, tak hanya menyegarkan mata namun juga unik.

Di Kota Solo, Masjid Siti Aisyah hadir melengkapi khazanah arsitektur rumah ibadah. Desainnya sendiri dirancang oleh US&P Architects.

Sekilas mata memandang, bangunan masjid berbentuk seperti kubus. Principal Architects US&P, Her Pramtama menyebutnya sebagai selubung yang melingkupi isi gedung.

Baca juga: Merancang Masjid Sebaiknya Kontekstual dengan Budaya Lokal

Bentuk ini, menurutnya, tercipta dari permintaan klien yang ingin memberikan kenyamanan kepada jemaah.

Salah satu faktor kenyamanan tersebut menurut pemilik bangunan berupa ruangan yang dilengkapi dengan pendingin udara.

Suasana di area utama Masjid Siti AisyahKompas.com/ROSIANA HARYANTI Suasana di area utama Masjid Siti Aisyah
Oleh karenanya, bentuk kubus tersebut didesain tertutup dan hanya terlihat akses pintu masuk dan keluar. Meski tertutup, pencahayaan bangunan juga memanfaatkan sinar matahari.

Her mengungkapkan, pada siang hari cahaya masuk melalui skylight berupa celah-celah yang ditempatkan di sekeliling bangunan.

Selain itu, model kubus yang diterapkan pada bangunan, lahir karena lanskap lahan yang digunakan berbentuk persegi panjang dengan luas terbatas.

Denggan demikian, konsep selubung berbentuk kubus muncul supaya eksterior bangunan tidak banyak memakan lahan.

Baca juga: Mengintip 4 Masjid Indonesia Finalis Abdullatif Al Fozan Award

"Ini merupakan konsep arsitektur yang memang lahir karena berdasarkan permintaan dan kontekstual dari lokasinya," terang Her kepada Kompas.com, Rabu (8/5/2019).

Namun dia menambahkan, jika hanya menerapkan konsep tersebut, eksterior bangunan terlihat sederhana.

Untuk itu, pada seluruh sisi bangunan terdapat corak garis. Kemudian corak yang terdapat pada keempat sisi bangunan jika disatukan akan membentuk lafal bismillah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X