Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/03/2019, 14:41 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - "Indonesia adalah negara besar dengan penduduk ratusan juta orang. Kami memandang Indonesia sangat potensial, terlebih dengan pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan pemerintahan sekarang. Peluang yang ditawarkan sangat menjanjikan".

Demikian Group Managing Director GuocoLand Singapura Cheng Hsing Yao menjawab pertanyaan Kompas.com, terkait rencana ekspansi kelompok usaha GuocoLand di Indonesia, pekan lalu.

Cheng menuturkan, sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi positif dan stabil, Indonesia diprediksi akan mampu menjadi incaran para investor properti dunia.

"Kami sedang mempelajari dan mengkaji serta mempertimbangkan berbagai kemungkinan untuk dapat menggarap pasar properti di Indonesia," tambah Cheng.

Drop off area Sofitel Hotel SingapuraDokumentasi Guoco Land Drop off area Sofitel Hotel Singapura
General Manager Residential GuocoLand Singapura Dora Chng menambahkan, potensi pasar  Indonesia memang nyata.

Terbukti, dalam sembilan tahun terakhir, mengutip riset Urban Redevelopment Authority (URA), Indonesia selalu berada di urutan tiga besar sebagai pembeli asing dengan properti terbanyak di Singapura.

"Bahkan, pada 2006 hingga 2007, Indonesia menjadi nomor satu sebagai pembeli properti terbanyak di Singapura," ungkap Dora.

Selektif

Namun, sebelum melakukan ekspansi, lanjut Cheng, GuocoLand tentunya akan melakukan studi kelayakan atau feasibility study. Tidak asal masuk, melainkan berdasarkan pertimbangan dan riset mendalam.

Baca juga: Wallich Residence, Apartemen Tertinggi di Singapura

Untuk membangun apartemen Martin Modern saja, butuh riset sekitar dua sampai tiga tahun. Padahal, skala proyek ini tidak sebesar Tanjong Pagar Vertical City atau Tanjong Pagar Center.

"Kami sangat selektif, dan betul-betul dapat menjawab kebutuhan pasar. Kami tidak terlalu agresif. Namun, sekalinya membangun, benar-benar produk yang dibanggakan sekaligus layak sebagai instrumen investasi. Tanjong Pagar Center dengan Guoco Tower-nya adalah salah satu legacy kami untuk Singapura," tutur Cheng.

Di Indonesia, GuocoLand Singapura memang belum dikenal dan belum sepopular pengembang Singapura lainnya macam Sembawang Corp, Keppel Land, atau CapitaLand.

Group Managing Director GuocoLand Singapura Cheng Hsing Yaomarc tan Group Managing Director GuocoLand Singapura Cheng Hsing Yao
Namun, kiprah GuocoLand tak bisa dianggap sebelah mata. Imperium, untuk tidak dikatakan raksasa ini, tercatat merupakan pengembang pencakar langit tertinggi di Singapura, Guoco Tower.

Gedung ini mengangkasa 290 meter di atas permukaan laut dan mencakup 64 lantai. 

Ini adalah rekor baru setelah lebih dari 20 tahun Singapura vakum dari pembangunan pencakar langit-pencakar langit dengan ketinggian di atas 280 meter.

Baca juga: WNI Pembeli Properti Mewah di Singapura Melonjak Empat Kali Lipat

Guoco Tower yang merupakan bagian dari Tanjong Pagar Vertical City atau Tanjong Pagar Center mengalahkan hegemoni tiga bangunan lainnya yang mengangkasa sekitar 280 meter.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com