Berita Populer: Pembukaan 4 Tol Baru dan Operasional Tol Bocimi - Kompas.com

Berita Populer: Pembukaan 4 Tol Baru dan Operasional Tol Bocimi

Kompas.com - 04/12/2018, 09:59 WIB
Sejauh ini konstruksi jalur tol utama sepanjang 15,3 kilometer itu sudah rampung. Saat ini penyelesaian marka jalan dan penunjang lainnya masih tersisa sedikit.
Dok PT Suryamas Dutamakmur Sejauh ini konstruksi jalur tol utama sepanjang 15,3 kilometer itu sudah rampung. Saat ini penyelesaian marka jalan dan penunjang lainnya masih tersisa sedikit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Informasi mengenai empat jalan tol baru yang akan dibuka pada Desember 2018 dan rincian mengenai keempat ruas tol itu menjadi berita populer di kanal Properti Kompas.com hingga Selasa (4/12/2018).

Masih ada berita lainnya tentang sistem transportasi kereta di Jepang dan operasional Tol Bocimi. 

Simak berita selengkapnya berikut ini:

1. Empat jalan tol baru dibuka Desember, Trans-Jawa pun sempurna tersambung 

Foto udara kendaraan pemudik melintas di ruas Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Senin (11/6/2018). Jalan tol tersebut merupakan tol fungsional yang dibuka selama 24 jam hingga H+7 Lebaran.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Foto udara kendaraan pemudik melintas di ruas Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Senin (11/6/2018). Jalan tol tersebut merupakan tol fungsional yang dibuka selama 24 jam hingga H+7 Lebaran.
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membuka empat jalan tol baru pada Desember 2018.

Keempat jalan tol itu adalah Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Kartasura-Salatiga, dan Wilangan-Kertosono.

Kapan persisnya jalan tol itu akan dibuka? 

Berita selengkapnya: 4 Jalan Tol Baru Dibuka Desember, Trans-Jawa Pun Sempurna Tersambung

2. Cara Jepang paksa warga naik angkutan umum 

Masyarakat terlihat mengantre menunggu kereta datang pada jam-jam sibuk di jalur yang telah disediakan pengelola stasiun.Kompas.com / Dani Prabowo Masyarakat terlihat mengantre menunggu kereta datang pada jam-jam sibuk di jalur yang telah disediakan pengelola stasiun.
Sebagai salah satu negara maju di dunia, Jepang dapat dikatakan memiliki sistem tranportasi publik terbaik, terutama transportasi berbasis rel alias kereta.

Interkoneksi antarmoda menjadi salah satu isu penting dalam menunjang keberhasilan Negeri Matahari Terbit ini dalam membangun jaringan kereta mereka. 

Dari total 126,8 juta penduduk Jepang berdasarkan sensus 2017, hanya 19,7 persen di antaranya yang memilih menggunakan mobil sebagai moda transportasi sehari-hari. Sementara 79,7 persen menggunakan kereta sebagai transportasi penunjang mobilitas harian.

Bagaimana cara Pemerintah Jepang "memaksa" masyarakatnya menggunakan transportasi publik? 

Berita selengkapnya: Cara Jepang Paksa Warga Naik Angkutan Umum

3. Jalan panjang Tol Bocimi, 2 dekade mangkrak dan investor berganti 

Presiden Joko Widodo didampingi jajaran menteri dan pejabat terkait meninjau Gerbang Tol Cigombong 1 usai meresmikan ruas tolBogor-Ciawi-Sukabumi seksi 1, Sabtu (1/12/2018).Ambaranie Nadia Presiden Joko Widodo didampingi jajaran menteri dan pejabat terkait meninjau Gerbang Tol Cigombong 1 usai meresmikan ruas tolBogor-Ciawi-Sukabumi seksi 1, Sabtu (1/12/2018).
Setelah menanti selama 21 tahun, warga Bogor akhirnya dapat pergi ke Sukabumi lewat jalan tol.

Menyusul diresmikannya Seksi 1 Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Sabtu (1/12/2018).

Adapun ruas yang diresmikan Presiden yaitu Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer. Jalan tol ini dirancang 54 kilometer.

Mengapa tol ini baru selesai setelah 21 tahun? 

Berita selengkapnya: Jalan Panjang Tol Bocimi, 2 Dekade Mangkrak dan Investor Berganti

4. Kementerian PUPR ikut tangani revitalisasi Kalimalang 

Desain akhir penataan sungai Kalimalang, Kota Bekasi yang diunggah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam akun Instagramnya @ridwankamil, Senin (3/12/2018).Instagram @ridwankamil Desain akhir penataan sungai Kalimalang, Kota Bekasi yang diunggah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam akun Instagramnya @ridwankamil, Senin (3/12/2018).
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan akan ikut menangani proyek revitalisasi Kalimalang di Bekasi, Jawa Barat.

Menurut Basuki, sungai di sepanjang Kota Bekasi itu merupakan aset nasional sehingga pengerjaannya akan ditangani langsung oleh pemerintah pusat.

Namun, desain proyek tetap dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) di bawah kepemimpinan Gubernur Ridwan Kamil.

Lalu, bagaimana teknis pelaksanaannya? 

Berita selengkapnya: Kementerian PUPR Ikut Tangani Revitalisasi Kalimalang

5. Ini rincian empat jalan tol baru yang dibuka akhir tahun 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mengebut pengerjaan empat jalan tol baru agar bisa selesai sesuai target pada Desember 2018.

Keempat jalan tol itu yakni Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Kartasura-Salatiga, dan Wilangan-Kertosono.

Jika semuanya rampung, jalan berbayar dari Merak ke Surabaya sepanjang 870 kilometer akan terkoneksi secara penuh pada akhir tahun ini.

Bagaimana rincian mengenai keempat ruas tol itu?

Berita selengkapnya: Ini Rincian Empat Jalan Tol Baru yang Dibuka Akhir Tahun



Close Ads X