Shanghai Atasi Macet Perkotaan dengan Desain

Kompas.com - 03/12/2018, 18:00 WIB
Setiap jalur diberi warna berbeda, yaitu biru dan oranye. 100Architects Setiap jalur diberi warna berbeda, yaitu biru dan oranye.

KOMPAS.com - Pejalan kaki seringkali tersingkir ketika harus berhadapan dengan pengendara kendaraan lain.

Karena itu, di area kota tua Shanghai, China, MINI China bekerja sama dengan firma 100Architects dan Anomaly Shanghai membuat desain marka jalan khusus untuk menangani masalah ini.

Beberapa desain marka jalan tersebut dirancang dengan bentuk unik.

Baca juga: 2020, Shanghai Geser Hongkong, Sydney dan Tokyo

Proyek ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan dan meningkatkan keleluasaaan pejalan kaki di lingkungan kota tua Shanghai.

Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan keleluasaaan pejalan kaki dan mengatasi persoalan para pejalan kaki di lingkungan kota tua Shanghai. 
100Architects Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan keleluasaaan pejalan kaki dan mengatasi persoalan para pejalan kaki di lingkungan kota tua Shanghai.
Selain itu, proyek ini diharapkan juga turut mengatur parkir dan cara menggunakan sepeda dengan benar, serta meningkatkan kesadaran para pengguna jalan.

Sebelumnya, 100Architects terlebih dahulu memetakan penyebab macet di jalanan kota tua Shanghai. 

Hal pertama yang diatasi adalah masalah kurangnya ruang bagi pejalan kaki, karena meledaknya tren berbagi sepeda di China.

Baca juga: Seperti Ini, Perubahan Wajah Megapolitan Shanghai 2040 Nanti

Masyarakat di negara tersebut cenderung tidak acuh ketika memarkirkan alat transportasinya di pinggir trotoar.

Hal ini mengakibatkan masalah baru pada trotoar kota yang semakin penuh sesak dengan sepeda, dan membuat pejalan kaki tersingkir.

Bagian pertama digunakan sebagai tempat parkir sepeda yang digambar dengan markah jalan dengan bentuk unik100Architects Bagian pertama digunakan sebagai tempat parkir sepeda yang digambar dengan markah jalan dengan bentuk unik
Terinspirasi dari bentuk rantai, para arsitek ini kemudian membagi trotoar menjadi dua. Bagian pertama digunakan sebagai tempat parkir sepeda yang digambar dengan markah jalan dengan bentuk unik.

Halaman:


Sumber designboom
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X