Begini, Alur Pembayaran Utang Pembangunan MRT Jakarta

Kompas.com - 29/10/2018, 13:00 WIB
Uji coba persinyalan MRT Jakarta KOMPAS.com/ RYANA ARYADITA UMASUGI Uji coba persinyalan MRT Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Konstruksi Fase 2 Mass Rapid Transit ( MRT) Jakarta dimulai pembangunannya pada Desember 2018.

Untuk tahap pertama, PT MRT Jakarta akan membangun receiving sub station atau gardu induk di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Kepastian pembangunan tersebut diketahui setelah ditandatanganinya perjanjian pinjaman tahap pertama sebesar 70,21 miliar Yen atau setara Rp 9,4 triliun. Pemerintah meminjam 217 miliar Yen atau setara Rp 25 triliun untuk proyek Fase 2 ini.

Kendati demikian, biaya yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembangunannya sekitar Rp 22,5 triliun.

"Kenapa Rp 25 triliun, karena yang Rp 2,5 triliun ini untuk membiayai kekurangan Fase 1," kata Direktur Keuangan PT MRT Jakarta Tuhiyat di Jakarta, pekan lalu.

Baca juga: Pembangunan RSS Monas Dikritik, Ini Kata PT MRT Jakarta

Tuhiyat menjelaskan, awalnya pinjaman yang diajukan pemerintah ke Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk Fase 1 sebesar 123,36 miliar Yen atau ekuivalen Rp 14,2 triliun.

Namun dalam prosesnya, terdapat revisi desain guna menambah kemampuan daya tahan gempa, yaitu dari magnitudo 7 menjadi 9.

"Itu (penambahan biaya) yang dinamakan price adjusment dari variatif order karena kontraknya sifatnya design and build. Begitu sambil desain, sambil bangun, di lapangan ada regulasi baru," kata dia.

Hal itulah yang akhirnya menyebabkan biaya pembangunan Fase 1 sepanjang 16 kilometer mencapai Rp 16 triliun.

Dana pinjaman itu kemudian dibagi dua bebannya, yaitu untuk pemerintah pusat sebesar 51 persen dan Pemprov DKI sebesar 49 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X