Peran Besar Antoni Gaudi Mengubah Arsitektur Barcelona

Kompas.com - 28/10/2018, 23:06 WIB
Pembangunan gereja Sagrada Familia di Barcelona, Spanyol. Dezeen.comPembangunan gereja Sagrada Familia di Barcelona, Spanyol.

 

KOMPAS.com - Antoni Gaudi merupakan salah satu arsitek paling berpengaruh dalam sejarah Kota Barcelona.

Salah stau karyanya yang paling terkenal adalah Sagrada Familia. Gereja unik di tengah Kota Barcelona ini menjadi magnet bagi jutaan turis setiap tahunnya.

Gereja yang dibangun sejak tahun 1882 ini merupakan karya Gaudi yang paling fenomenal. Selama 136 tahun berikutnya, konstruksi Sagrada Familia masih berlanjut, meski sang arsitek telah meninggal dunia pada 1926.

Melansir Architectural Digest, konstruksi gereja ini akan rampung pada 2026 mendatang.

Baca juga: 136 Tahun Tanpa Izin, Sagrada Familia Bayar Denda Rp 626 Miliar

Desain Sagrada Familia telah beberapa kali mengalami perubahan. Awalnya gereja ini dibangun dengan gaya neo-gotik. Kemudian Gaudi melakukan perubahan signifikan pada desain bangunan gereja.

Antoni Gaudi, sang arsitek merupakan representasi sempurna dari karakter warga Catalan yang ekspresif dan merasa berseberangan dengan arus utama.

Salah satu sudut Park Guell, taman kota rancangan arsitek Antoni Gaudi di BarcelonaOik Yusuf/ Kompas.com Salah satu sudut Park Guell, taman kota rancangan arsitek Antoni Gaudi di Barcelona
Banyak karyanya yang berbenturan dengan pakem arsitektur. Bahkan selain Sagrada Familia terdapat Casa Mila atau yang lebih dikenal dengan nama La Pedrera. Rumah tinggal ini bahkan tidak memiliki satu garis lurus.

Sekilas Antonio Gaudi

Gaudi merupakan arsitek lulusan University of Barcelona di bidang arsitektur. Sebelum menelurkan karya-karya ikoniknya, Gaudi pernah merancang desain tiang lampu lampu kota untuk Placa Reial atau Royal Plaza. Dari beberapa desain yang telah ia buat, hanya dua yang disetujui.

Meski pernah berkontribusi, namun beberapa tahun kemudian, pemerintah kota berseberangan dengan Gaudi.

Ini karena arsitek eksentrik itu sering merancang bangunan-bangunan yang dianggap aneh oleh warga kebanyakan.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X