Kompas.com - 21/10/2018, 16:26 WIB

JAKARTA, KOMPAs.com - Penangkapan Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (15/10/2018) terkait dugaan suap perizinan Meikarta, mengakibatkan ratusan konsumennya menghadapi dilema. 

Hal ini terungkap saat Kompas.com mendatangi Marketing Gallery Meikarta di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, pada Sabtu (20/10/2018) siang.

Mereka mendatangi marketing gallery untuk meminta kepastian investasi, dan juga kejelasan dari kelanjutan proyek Meikarta.

Di meja registrasi yang disediakan pihak PT Mahkota Sentosa Utama (MSU), terdapat lembaran kertas HVS yang berisi daftar nama konsumen, lengkap dengan nomor telepon, data unit yang telah dibeli, serta kolom keterangan.

Baca juga: Kondisi Meikarta Terkini...

Nah, di kolom keterangan ini tercantum beberapa alasan yang ditulis konsumen. Dari pengamatan Kompas.com, alasan-alasan tersebut mengerucut menjadi dua.

Pertama, alasan untuk mengajukan refund atau uang kembali, dan kedua adalah alasan untuk mendapatkan kejelasan proyek.

Bagian refund konsumen Meikarta, Sabtu (20/10/2018).Hilda B Alexander/Kompas.com Bagian refund konsumen Meikarta, Sabtu (20/10/2018).
Hingga menjelang pukul 15.30 WIB, jumlah konsumen yang melakukan registrasi sebanyak 320 orang.

Mereka yang menuntut pengembalian uang yang telah dibayarkan untuk membeli unit apartemen Meikarta, diarahkan ke bagian sebelah kanan.

Di bagian kanan ini, terdapat lima petugas administrasi keuangan yang melayani refund konsumen, lengkap dengan lima layar monitor PC. 

"Saya ingin uang kembali. Saya sudah tua. Ini tabungan seumur hidup saya, kalau tidak aman, bahaya. Saya datang dan mengantre sejak pagi," tutur perempuan paruh baya berkulit terang dan berkaos hijau pupus kepada Kompas.com. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.