Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi: Sabar, Evakuasi Dulu Baru Rekonstruksi

Kompas.com - 03/10/2018, 20:05 WIB
Hilda B Alexander,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

DONGGALA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo untuk kali kedua mengunjungi Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, pasca-gempa berkekuatan 7,4 magnitudo dan tsunami pada Jumat (28/9/2018).

Dalam kunjungannya di Posko Loli Saluran BMR, Kecamatan Banawa, Donggala, Jokowi berdialog dengan warga pengungsi korban gempa dan tsunami.

"Gimana kabarnya?," kata Jokowi membuka dialog, Rabu (3/10/2018).

Warga pun menjawab serempak, "Baik." Kemudian secara beruntun sejumlah warga mulai mengadu mengenai kekurangan makanan, air bersih layak minum, obat-obatan, rumah, dan keadaan psikologis mereka.

"Saya gatal-gatal, Pak. Butuh obat gatal," teriak seorang warga berpakaian warna hitam.

Jokowi pun mendengarkan dengan seksama dan kemudian berjanji akan mengirimkan sejumlah obatan-obatan, termasuk obat untuk penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

Baca juga: Rekonstruksi Kota Terdampak Gempa Akan Dikerjakan Pemerintah

"Sabar bapak-bapak, ibu-ibu. Kami tengah melakukan upaya evakuasi yang harus didahulukan karena masih korban yang tertimbun reruntuhan bangunan. Setelah itu baru rekonstruksi dan rehabilitasi," papar Jokowi.

Dalam kunjungan ke Posko Loli Saluran BMR, Jokowi memberikan ratusan bingkisan yang berisi beras, minyak goreng, air dalam kemasan, gula pasir, dan teh celup.

Sebelumnya, Jokowi meninjau kawasan terdampak gempa paling parah, yakni Desa Petobo, dan Hotel Roa-roa.

Dalam kunjungan kali ini, Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menko Polhukam Wiranto, dan Menteri Sosial Agus Gumilang Kartasasmita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com