Kompas.com - 03/10/2018, 20:05 WIB
Presiden Joko Widodo mengunjungi Posko Loli Saluran BMR, Kecamatan Banawa, Donggala, dan berdialog dengan warga pengungsi korban gempa dan tsunami, Rabu (3/10/2018. KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDERPresiden Joko Widodo mengunjungi Posko Loli Saluran BMR, Kecamatan Banawa, Donggala, dan berdialog dengan warga pengungsi korban gempa dan tsunami, Rabu (3/10/2018.

DONGGALA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo untuk kali kedua mengunjungi Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, pasca-gempa berkekuatan 7,4 magnitudo dan tsunami pada Jumat (28/9/2018).

Dalam kunjungannya di Posko Loli Saluran BMR, Kecamatan Banawa, Donggala, Jokowi berdialog dengan warga pengungsi korban gempa dan tsunami.

"Gimana kabarnya?," kata Jokowi membuka dialog, Rabu (3/10/2018).

Warga pun menjawab serempak, "Baik." Kemudian secara beruntun sejumlah warga mulai mengadu mengenai kekurangan makanan, air bersih layak minum, obat-obatan, rumah, dan keadaan psikologis mereka.

"Saya gatal-gatal, Pak. Butuh obat gatal," teriak seorang warga berpakaian warna hitam.

Jokowi pun mendengarkan dengan seksama dan kemudian berjanji akan mengirimkan sejumlah obatan-obatan, termasuk obat untuk penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

Baca juga: Rekonstruksi Kota Terdampak Gempa Akan Dikerjakan Pemerintah

"Sabar bapak-bapak, ibu-ibu. Kami tengah melakukan upaya evakuasi yang harus didahulukan karena masih korban yang tertimbun reruntuhan bangunan. Setelah itu baru rekonstruksi dan rehabilitasi," papar Jokowi.

Dalam kunjungan ke Posko Loli Saluran BMR, Jokowi memberikan ratusan bingkisan yang berisi beras, minyak goreng, air dalam kemasan, gula pasir, dan teh celup.

Sebelumnya, Jokowi meninjau kawasan terdampak gempa paling parah, yakni Desa Petobo, dan Hotel Roa-roa.

Dalam kunjungan kali ini, Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menko Polhukam Wiranto, dan Menteri Sosial Agus Gumilang Kartasasmita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.