Apartemen Mewah Incaran "Crazy Rich Indonesians"

Kompas.com - 19/09/2018, 22:00 WIB
Anandamaya Residence ARI PRASETYO/Kompas.comAnandamaya Residence

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Singapura punya District 9, 10, dan 11 sebagai gudangnya apartemen- apartemen mewah yang diincar Crazy Rich Asians, maka Jakarta punya kawasan Thamrin dan Sudirman.

Kedua kawasan ini, diincar  Crazy Rich Indonesians karena lokasinya strategis, prestisius, dan tentu saja melambangkan kesuksesan dan kemapanan.

Harga propertinya pun selangit, sudah menyentuh angka Rp 110 juta per meter persegi di luar PPNBM. 

Baca juga: Crazy Rich Indonesians Belanja Properti di Singapura hingga Sydney

Dengan uang 1 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 14,8 miliar, tak cukup untuk membeli apartemen-apartemen di kedua kawasan utama Jakarta itu. 

Paling banter, dengan 1 juta dollar AS, apartemen yang bisa dimiliki berlokasi di Kuningan, Jakarta Selatan, atau lebih dikenal sebagai Ring 2 kawasan elite Jakarta.

"Ini tidak termasuk properti berupa hunian mewah landed house di Menteng, Widya Chandra, Kebayoran Baru atau Pondok Indah yang secara tradisional dihuni oleh orang-orang kaya lama atau generasi senior," jelas CEO Leads Property Indonesia Hendra Hartono kepada Kompas.com, Selasa (18/9/2018).

Crazy Rich Indonesians sendiri menurut Associate Director Research and Consultancy Knight Frank Indonesia Hasan Pamudji adalah orang-orang dengan finansial mapan, dan anak muda, untuk tidak disebut generasi milenial, keturunan kalangan superkaya atau ultra high net worth individual (UHNW).

Kekayaan mereka, tak cuma warisan orang tua, juga hasil berbisnis, dan berinvestasi di segala sektor, terutama keuangan, perbankan, dan properti.

"Jumlah orang kaya di Indonesia tahun 2018 ini diperkirakan sekitar 22.918 orang," ungkap Hasan.

Rinciannya, sebanyak 21.526 orang memiliki kekayaan di atas 5 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 74,3 miliar, 1.314 orang dengan aset di atas 50 juta orang atau setara Rp 743,3 miliar, dan 78 orang dengan kekayaan di atas 500 juta dollar AS atau Rp 7,4 triliun.

Baca juga: Crazy Rich Indonesians Beli Apartemen Rp 110 Juta Per Meter Persegi 

Dari hasil riset Leads Property Indonesia dan kompilasi data Kompas.com, berikut apartemen-apartemen yang diincar kalangan tajir tersebut:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X