Wina, Kota Paling Layak Huni

Kompas.com - 15/08/2018, 15:00 WIB
Halaman dan bangunan dengan fasad bergaya abad ke-17 di Deutschordenshaus, Singerstrasse 7, Wina, Austria.Hans Strunz Halaman dan bangunan dengan fasad bergaya abad ke-17 di Deutschordenshaus, Singerstrasse 7, Wina, Austria.

KOMPAS.com – Economist Intelligence Unit (EIU) merilis laporan bahwa Wina, ibu kota Austria, ditetapkan sebagai kota yang paling layak huni di dunia menurut survei pada tahun 2018.  

Dengan begitu, Wina berhasil menyingkirkan Kota Melbourne, Australia, yang selalu menempati posisi nomor satu dalam tujuh tahun terakhir.

Salah satu kriteria dalam survei itu yakni suatu kota bisa menyediakan berbagai tempat menarik bagi warganya untuk berkumpul dan bercengkerama bersama keluarga dan teman-teman.

Di Wina, kita bisa melihat begitu banyak keindahan pemandangan kota yang berada di balik perumahan dan istana yang megah.

Cobalah berjalan kaki dan masuk ke area terbuka yang tenang dan tersembunyi di belakang sebuah bangunan di jalan yang padat.

Banyak ruang terbuka yang umurnya sudah puluhan atau bahkan ratusan tahun kini telah dipugar dan diremajakan.

Ruang terbuka dan lorong di Heiligenkreuzerhof di Wina, Austria.PID/Hans Strunz Ruang terbuka dan lorong di Heiligenkreuzerhof di Wina, Austria.
Sebut saja Pawlatsche yang merupakan balkon terkenal di Wina yang menyediakan akses ke berbagai apartemen dari halaman luar.

Kadang-kadang, ada dua atau lebih ruang terbuka yang letaknya berdekatan dan memberikan jalan pintas untuk bisa diakses dari dua arah.

Di daerah pertama yang berkembang di Wina adalah terdapat taman kota yang paling menarik.

Tepat di belakang Katedral St Stephen, bangunan di sekitar Blutgasse merupakan salah satu taman tertua di kota itu.

Jalan masuk ke Blutgasse 3 menyimpan bangunan abad ke-17 yang luar biasa indahnya dengan balkon berakses terbuka.

Gang atau lorong kecil Raimundhof di Mariahilfer Strasse 45, Wina, Austria.PID/Hans Strunz Gang atau lorong kecil Raimundhof di Mariahilfer Strasse 45, Wina, Austria.
Sementara itu, Singerstrasse yang berada di dekatnya menawarkan taman yang tidak kalah ciamik.

Sedangkan di The Deutschordenshaus Singerstrasse 7 terdapat dua halaman dan bangunan dengan fasad bergaya abad ke-17.

Begitu pula pohon besar yang berdiri megah di halaman luar Singerstrasse 11. Di dekatnya ada Palais Neupauer-Breuner yang bernuansa kuno di mana halaman menarik dengan balkon terbuka juga tersedia.

Halaman yang cantik juga ada di Weihburggasse 16, di situ ada toko Vermischte Warenhandlung yang memiliki koleksi barang dan suvenir asli Austria.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X