Kompas.com - 03/08/2018, 10:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Waktu menunjukkan pukul 16.55 WIB saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba depan Hotel Le Meridien, Jakarta, Kamis (2/8/2018).

Kamis sore, Presiden meninjau secara langsung pekerjaan penataan trotoar di sepanjang koridor Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta.

Didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, ketiganya kompak bersetelan putih-hitam sembari berjalan sejauh 300 meter hingga Da Vinci Tower.

Baca juga: Ini Kata Jokowi Setelah Jalan Kaki di Trotoar Sudirman-Thamrin

Jalur trotoar di koridor Jalan Sudirman-Thamrin.Kementerian PUPR Jalur trotoar di koridor Jalan Sudirman-Thamrin.
Presiden menyebut, penataan jalur trotoar yang dikerjakan Pemerintah Provinsi DKI serta PT MRT Jakarta ini sudah cukup baik. Kendati, masih menyisakan sejumlah pekerjaan.

"Persiapan sudah bagus, artinya sebetulnya fasilitas pelican croosing ini untuk memudahkan masyarakat agar tidak naik terlalu tinggi," ungkap Presiden.

"Kedua, dari segi estetika jembatan penyeberangan orang (JPO) lebih cantik dan indah. Kalau ada yang belum selesai, karena ini pekerjaan besar, akan dilanjutkan setelah Asian Games," imbuh mantan Gubernur DKI tersebut.

Baca juga: “Pelican Crossing” Bisa Diterapkan asal Keamanan Pedestrian Terjamin

Seorang pesepeda bernama Yupa bersepeda di jalur sepeda trotoar Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta, Selasa (31/7/2018). Jalur khusus sepeda itu terhalang tiang.KOMPAS.com/NURSITA SARI Seorang pesepeda bernama Yupa bersepeda di jalur sepeda trotoar Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta, Selasa (31/7/2018). Jalur khusus sepeda itu terhalang tiang.
Penataan jalur pedestrian di kawasan ini, merupakan bagian dari persiapan infrastruktur pendukung Asian Games 2018 yang akan dilangsungkan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang.

Tak hanya ditata ulang, trotoar juga dibuat lebih lebar untuk memberikan kenyamanan bagi para pejalan kaki.

Selain itu, guiding block berwarna kuning juga ditambah untuk memudahkan masyarakat penyandang disabilitas untuk berjalan.

Meski demikian, belum semua pekerjaan ini rampung. Di beberapa titik seperti di depan Da Vinci Tower hingga Menara Astra masih terputus, lantaran ada pekerjaan pembangunan stasiun bawah tanah MRT.

Baca juga: Pemprov DKI Bangun Ramp di Semua Halte Transjakarta Sudirman-Thamrin

The New Sudirman Thamrin AvenueInstagram / yusmadasamad The New Sudirman Thamrin Avenue
Akan tetapi, pejalan kaki masih bisa menggunakan trotoar darurat yang telah disiapkan sebelumnya untuk melewatinya.

Selain penataan trotoar, kondisi jalan utama juga sudah mulus dan lurus. Jalan ini sebelumnya sempat rusak dan bergelombang lantaran pekerjaan proyek MRT.

Namun, PT MRT Jakarta telah memperbaiki kondisinya untuk sementara dalam rangka menyambut perhelatan event olahraga terbesar di Asia ini.

Baca juga: Tiang PJU yang Halangi Jalur Sepeda di Trotoar Asia-Afrika Dipindahkan ke Sisi Pagar GBK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.