Taman Halangi Halte, Kementerian PUPR: Itu Urusan Pemprov DKI

Kompas.com - 26/07/2018, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penataan jalur pedestrian di sepanjang koridor Jalan Jenderal Sudirman kembali menuai perbincangan. Kali ini, keberadaan area rumput atau taman mini sebagai pemisah antara trotoar dengan jalan raya.

Penataan tersebut menuai kontroversi lantaran area rumput dianggap terlalu besar. Akibatnya, masyarakat yang hendak turun dari bus menuju halte atau sebaliknya yang akan naik bus kesulitan.

Menurut Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja, pekerjaan penataan trotoar di sepanjang koridor itu menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dan PT MRT Jakarta.

Baca juga: Soal Kali Item, Pemerintah Pusat Turun Tangan Atasi Aliran Air

"Itu bagiannya Pemprov DKI bersama MRT," kata Endra lewat pesan singkat kepada Kompas.com, Kamis (26/7/2018).

Meski demikian, Kementerian PUPR tetap bertanggung jawab dalam mengoordinasikan penataan pekerjaan kawasan, yang dilakukan dalam rangka menyambut Asian Games 2018 ini.

Hal ini supaya seluruh pekerjaan yang dilaksanakan dapat selesai sebelum penyelenggaraan yang akan dimulai pada 18 Agustus 2018.

Sejak sebulan terakhir, Kementerian PUPR secara intensif berkoordinasi dengan Pemprov DKI dan PT MRT Jakarta tentang penanganan jalur pedestrian ini.

"Koordinasinya oleh Dirjen Bina Marga. Sekarang sudah dibuatkan bukaan-bukaan sebagai akses dengan lebar dua meter. Prinsipnya, di setiap halte ada akses," kata Endra.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Jenis-Jenis Penyeberangan Sebidang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.