Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepadatan GT Cikarut Diprediksi Melonjak 33 Persen

Kompas.com - 13/06/2018, 16:19 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peningkatan arus kendaraan yang melintasi Gerbang Tol Cikarang Utama (Cikarut) diprediksi masih akan terjadi pada H-2 Lebaran atau Rabu (13/6/2018).

Namun, volume kendaraan yang melintas diperkirakan menyusut bila dibandingkan dengan jumlah kendaraan yang lewat pada H-3 Lebaran.

Customer & Employee Relations Manager PT Jasa Marga (Persero) Tbk Faiza Riani memprediksi, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta pada hari ini mencapai 89.838 kendaraan.

Baca juga: Merapah Trans-Jawa, Pulang ke Kampung Indonesia

"Angka tersebut naik 33,86 persen dari volume lalin normal, 67.112 kendaraan," kata Faiza dalam keterangan tertulis.

Sementara kemarin, jumlah kendaraan yang melintas tercatat 104.690 kendaraan atau melonjak 55,99 persen dibandingkan volume normal.

Faiza menambahkan, sejak H-8 hingga H-3 Lebaran, tercatat sudah 563.083 kendaraan yang telah meninggalkan Jakarta. Jumlah ini meningkat 39,8 persen bila dibandingkan situasi normal.

Untuk mengurai kemacetan, berbagai rekayasa arus lalu lintas pun dilakukan. Seperti, memberlakukan sistem buka tutup di GT Cikarang Barat 3 untuk kemudian kembali memasukkan pemudik melalui GT Cikarang Barat 1.

Hingga saat ini masih terpantau kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada titik-titik tertentu seperti keluar masuk rest area dan penyempitan lajur.

Jasa Marga dengan diskresi Kepolisian hingga saat ini masih memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow dari Km 35+600 hingga Km 61+500.

Kompas Video Merapah Trans-Jawa Kompas.com sebuah program peliputan tahunan arus mudik dan perkembangan infrastruktur jalan Tol Trans-Jawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com