Kompas.com - 13/06/2018, 16:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Peningkatan arus kendaraan yang melintasi Gerbang Tol Cikarang Utama (Cikarut) diprediksi masih akan terjadi pada H-2 Lebaran atau Rabu (13/6/2018).

Namun, volume kendaraan yang melintas diperkirakan menyusut bila dibandingkan dengan jumlah kendaraan yang lewat pada H-3 Lebaran.

Customer & Employee Relations Manager PT Jasa Marga (Persero) Tbk Faiza Riani memprediksi, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta pada hari ini mencapai 89.838 kendaraan.

Baca juga: Merapah Trans-Jawa, Pulang ke Kampung Indonesia

"Angka tersebut naik 33,86 persen dari volume lalin normal, 67.112 kendaraan," kata Faiza dalam keterangan tertulis.

Sementara kemarin, jumlah kendaraan yang melintas tercatat 104.690 kendaraan atau melonjak 55,99 persen dibandingkan volume normal.

Faiza menambahkan, sejak H-8 hingga H-3 Lebaran, tercatat sudah 563.083 kendaraan yang telah meninggalkan Jakarta. Jumlah ini meningkat 39,8 persen bila dibandingkan situasi normal.

Untuk mengurai kemacetan, berbagai rekayasa arus lalu lintas pun dilakukan. Seperti, memberlakukan sistem buka tutup di GT Cikarang Barat 3 untuk kemudian kembali memasukkan pemudik melalui GT Cikarang Barat 1.

Hingga saat ini masih terpantau kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada titik-titik tertentu seperti keluar masuk rest area dan penyempitan lajur.

Jasa Marga dengan diskresi Kepolisian hingga saat ini masih memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow dari Km 35+600 hingga Km 61+500.

Kompas Video Merapah Trans-Jawa Kompas.com sebuah program peliputan tahunan arus mudik dan perkembangan infrastruktur jalan Tol Trans-Jawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.