Merapah Trans-Jawa, Pulang ke Kampung Indonesia

Kompas.com - 11/06/2018, 14:48 WIB
Merapah Trans-Jawa 3 Kompas.com / Cassandra Etania SasmitaMerapah Trans-Jawa 3

MUDIK menjadi salah satu hajat besar tahunan yang selalu dilakukan masyarakat. Mereka yang sehari-hari beraktivitas di kota besar, akan memanfaatkan momentum ini untuk berkumpul bersama keluarga yang telah menunggu di kampung halaman.

Mudik bukan hanya sekedar berbagi cerita tentang bagaimana kesuksesan yang telah dicapai di kota besar menjadi inspirasi bagi keluarga di tanah kelahiran.

Kondisi proyek jalan tol Salatiga-Kartasura di Salatiga, Jawa Tengah, Minggu (3/6/2018). Jalan tol yang memiliki panjang 32,65 kilometer tersebut dapat dilalui secara fungsional pada mudik dan balik Lebaran 2018.MAULANA MAHARDIKA Kondisi proyek jalan tol Salatiga-Kartasura di Salatiga, Jawa Tengah, Minggu (3/6/2018). Jalan tol yang memiliki panjang 32,65 kilometer tersebut dapat dilalui secara fungsional pada mudik dan balik Lebaran 2018.

Lebih dari itu, mudik adalah sebuah pengalaman spiritual. Menemukan keluarga baru selama perjalanan. Keluarga senasib yang melakukan perjalanan panjang, merasakan kelelahan bersama di jalan, demi satu tujuan yakni mencapai daerah asal dengan selamat.

Tentunya, demi menunjang hal tersebut, pemerintah bekerja keras menyiapkan infrastruktur mudik yang andal. Namun, seperti apa keandalan infrastruktur itu?

Foto udara simpang susun Waru di Tol Surabaya-Gempol di Jawa Timur, Selasa (5/6/2018). Tol Surabaya-Gempol sudah beroperasi dan dapat dilintasi para pemudik.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Foto udara simpang susun Waru di Tol Surabaya-Gempol di Jawa Timur, Selasa (5/6/2018). Tol Surabaya-Gempol sudah beroperasi dan dapat dilintasi para pemudik.

Untuk kali ketiga, Kompas.com dengan bangga mempersembahkan Virtual Interaktif Kompas (VIK) Merapah Trans-Jawa. Kami menelusuri jalur konektivitas Trans-Jawa tol dan nontol.

Perjalanan dimulai dari Jakarta hingga Banyuwangi. Melewati berbagai jalur tol operasional maupun fungsional yang akan digunakan masyarakat dalam memulai hajat besarnya, pulang ke kampung halaman.

Kompas VideoMerapah Trans-Jawa Kompas.com sebuah program peliputan tahunan arus mudik dan perkembangan infrastruktur jalan Tol Trans-Jawa.

Di sisi lain, perjalanan di jalur selatan Jawa juga tak luput dari pantauan tim. Kami berupaya untuk memberikan gambaran sedetail mungkin tentang kondisi terkini dari jalur-jalur yang ada, demi Anda, masyarakat yang akan melakukan perjalanan.

Berikut laporan lengkap dari VIK Merapah Trans Jawa 3

 

 

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X