Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tata "Rest Area", Jasa Marga Berlakukan Zonasi Lalu Lintas

Kompas.com - 07/05/2018, 17:51 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penataan rest area atau tempat istirahat di jalan tol kembali menjadi fokus yang akan dilakukan PT Jasa Marga (Persero) Tbk dalam menghadapi musim mudik Lebaran pada tahun 2018 ini.

Pasalnya, dari hasil pelaksanaan pengamanan dan pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran tahun lalu, kepadatan arus kendaraan di rest area masih menjadi catatan yang harus diperhatikan.

"Bahwa rest area kita diserbu oleh masyarakat yang ignin melakukan aktivitas, dan itu mengganggu ruas utama jalan tol. Kemacetannya tumpah keluar, mengganggu main road kita," kata Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani di kantornya, Senin (7/5/2018).

Baca juga : Atasi Kemacetan di Gerbang Tol, Jasa Marga Sebar Mobile Reader

Ada beberapa langkah yang telah disiapkan perseroan dalam penataan rest area, mulai dari penambahan toilet khusus wanita, menyiapkan mobile toilet, perbaikan dan peningkatan infrastruktur penunjang, hingga traffic zoning.

Desi menjelaskan, selama ini ada kecenderungan pengguna jalan tol untuk berputar-putar di dalam rest area, sehingga menyebabkan arus cukup padat.

Dengan traffic zoning, nantinya pergerakan pengendara akan lebih diatur.

"Jadi, yang mau ngisi bensin ya isi bensin saja, kalau ada yang mau makan ya makan saja. Jadi kami lakukan zonasi dengan rambu-rambu," tegas Desi.

Untuk mendukung traffic zoning  ini, Jasa Marga melengkapinya dengan petugas yang akan mengarahkan pengemudi memasuki jalur-jalur sesuai dengan kebutuhan mereka. Ia berharap dengan pengaturan ini, arus di dalam rest area menjadi lebih lancar.

Di samping itu, Jasa Marga juga akan melakukan penambahan rest area sementara atau parking bay di beberapa titik di sepanjang jalur tol yang mereka kelola.

"Hal ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurai kepadatan di rest area," pungkas Desi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com