Tujuh Ruas Tol Dioperasikan Bulan Ini

Kompas.com - 02/05/2018, 22:00 WIB
Tol Solo-Ngawi Seksi Kartosuro-Simpang Susun (SS) Sragen. Kementerian PUPRTol Solo-Ngawi Seksi Kartosuro-Simpang Susun (SS) Sragen.

JAKARTA, KOMPAS.com — Tujuh ruas tol ditargetkan beroperasi Mei ini. Namun, sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan uji laik fungsi terlebih dahulu.

Ketujuh ruas tol itu adalah Tol Solo-Ngawi Seksi Kartosuro-Simpang Susun (SS) Sragen sepanjang 36 kilometer, Tol Bogor Outer Ring Road Seksi 2B Kedung Badak-Simpang Yasmin sepanjang 2 kilometer, dan Tol Medan Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) Seksi 1 SS Tanjung Morawa-SS Parbarakan sepanjang 10,75 kilometer.

Baca juga : Investor Jalan Tol Setuju Penurunan Tarif Asal Ada Insentif

Tol Bogor Outer Ring Road Seksi IIB.PT Marga Sarana Jabar Tol Bogor Outer Ring Road Seksi IIB.
Kemudian Tol Gempol-Pasuruan Seksi 2 SS Rembang-SS Pasuruan sepanjang 6,6 kilometer, Akses Dryport Cikarang Tol Jakarta-Cikampek sepanjang 3,5 kilometer, Tol Pejagan-Pemalang Seksi SS Brebes Timur-Sewaka sepanjang 37 kilometer, dan Tol Pemalang-Batang Seksi Sewaka-SS Pemalang 5,2 kilometer.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, uji laik fungsi dilakukan bersama Kementerian Perhubungan dan Korps Lalu Lintas Polri yang terbagi ke dalam tiga subtim.

Sebagian ruas Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) yang tengah dikerjakan.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Sebagian ruas Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) yang tengah dikerjakan.
Subtim 1 mengevaluasi aspek keselamatan dan manajemen lalu lintas; Subtim 2 mengevaluasi aspek sarana jalan, jembatan, dan bangunan pelengkap; dan Subtim 3 mengevaluasi aspek administrasi dan operasi.

Laporan mengenai rencana Evaluasi Laik Fungsi sudah disampaikan pada akhir April lalu kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

"Evaluasi laik fungsi jalan tol diselenggarakan dalam rangka pemenuhan persyaratan aspek teknis, operasi, dan administrasi sebagai jalan tol yang berkeselamatan," kata Herry dalam keterangan tertulis, Rabu (2/5/2018).

Hari pertama fungsionalisasi ruas Rembang-Bangil yang merupakan bagian dari Jalan Tol Gempol-Pasuruan sepanjang 8 kilometer di Surabaya, Jawa Timur, Senin (19/6/2017). Sepekan jelang Lebaran 2017 Tak banyak kendaraan yang melintas, dan masih terlihat sepi.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Hari pertama fungsionalisasi ruas Rembang-Bangil yang merupakan bagian dari Jalan Tol Gempol-Pasuruan sepanjang 8 kilometer di Surabaya, Jawa Timur, Senin (19/6/2017). Sepekan jelang Lebaran 2017 Tak banyak kendaraan yang melintas, dan masih terlihat sepi.
Sebelum evaluasi, BPJT juga telah melakukan Pra Laik Fungsi terhadap beberapa ruas tol yang hampir selesai.

Misalnya, pada ruas Tol Solo-Ngawi Seksi Kartosuro-Simpang Susun Sragen, Tol Bogor Ring Road Seksi 2B, Tol MKTT Seksi 1, dan Tol Gempol-Pasuruan Seksi 2.

Hasil evaluasi dinyatakan perlu adanya penyelesaian pekerjaan berupa perapian-perapian yang ditargetkan selesai pada minggu pertama hingga minggu kedua Mei 2018.

Adapun untuk Akses Dryport Cikarang dalam tahap penyelesaian perbaikan permukaan perkerasan dan kelengkapan peralatan transaksi tol yang akan selesai pada akhir Mei 2018.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X