Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tujuh Ruas Tol Dioperasikan Bulan Ini

JAKARTA, KOMPAS.com — Tujuh ruas tol ditargetkan beroperasi Mei ini. Namun, sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan uji laik fungsi terlebih dahulu.

Ketujuh ruas tol itu adalah Tol Solo-Ngawi Seksi Kartosuro-Simpang Susun (SS) Sragen sepanjang 36 kilometer, Tol Bogor Outer Ring Road Seksi 2B Kedung Badak-Simpang Yasmin sepanjang 2 kilometer, dan Tol Medan Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) Seksi 1 SS Tanjung Morawa-SS Parbarakan sepanjang 10,75 kilometer.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, uji laik fungsi dilakukan bersama Kementerian Perhubungan dan Korps Lalu Lintas Polri yang terbagi ke dalam tiga subtim.

Laporan mengenai rencana Evaluasi Laik Fungsi sudah disampaikan pada akhir April lalu kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

"Evaluasi laik fungsi jalan tol diselenggarakan dalam rangka pemenuhan persyaratan aspek teknis, operasi, dan administrasi sebagai jalan tol yang berkeselamatan," kata Herry dalam keterangan tertulis, Rabu (2/5/2018).

Misalnya, pada ruas Tol Solo-Ngawi Seksi Kartosuro-Simpang Susun Sragen, Tol Bogor Ring Road Seksi 2B, Tol MKTT Seksi 1, dan Tol Gempol-Pasuruan Seksi 2.

Hasil evaluasi dinyatakan perlu adanya penyelesaian pekerjaan berupa perapian-perapian yang ditargetkan selesai pada minggu pertama hingga minggu kedua Mei 2018.

Adapun untuk Akses Dryport Cikarang dalam tahap penyelesaian perbaikan permukaan perkerasan dan kelengkapan peralatan transaksi tol yang akan selesai pada akhir Mei 2018.

https://properti.kompas.com/read/2018/05/02/220000521/tujuh-ruas-tol-dioperasikan-bulan-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke