Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2018, 08:55 WIB

KOMPAS.com – Jumlah gedung pencakar langit di London, Inggris, diprediksi akan bertambah dalam beberapa tahun ke depan. Bahkan, diperkirakan jumlahnya dapat mencapai lebih dari 500 gedung.

Demikian dilaporkan New London Architecture seperti dilansir dari Property-Report. Pada 2017 lalu, sebanyak 510 gedung dengan tinggi minimal 20 lantai direncanakan akan dibangun. Terutama di daerah pinggiran kota metropolitan Inggris itu.

Jumlah tersebut naik 12 persen bila dibandingkan rencana pembangunan pada tahun 2016 yang hanya 455 gedung. Kenaikan tersebut sekaligus menjadi yang pertama dalam sejarah pembangunan di Inggris.

Saat ini, sekitar 115 bangunan bertingkat tinggi sedang dibangun di kota tersebut.

Ambisi pembangunan gedung vertikal ini sekaligus mencerminkan pembangunan gedung-gedung pencakar langit lainnya di seluruh dunia.

Berdasarkarkan laporan Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTUBH), sekitar 230 gedung dengan tinggi lebih dari 200 meter ditargetkan rampung hingga akhir tahun ini.

Adapun bangunan tinggi di London sendiri mencakup Spire London di Canary Wharf. Bangunan jangkung setinggi 235 meter ini akan menjadi salah satu bangunan tertinggi di Eropa bila telah rampung pada 2020 mendatang.

Adapun pembangunan pencakar langit di London sendiri tidak saja terkonsentrasi di pusat kota, tetapi juga di daerah sekitarnya seperti Battersea, Greenwich, Lambeth, dan Polar. Hampir 90 persen gedung pencakar langit yang akan dibangun bakal diperuntukkan sebagai hunian

Berdasarkan proyeksi, ada 106.000 unit hunian yang akan rampung hingga 2030 mendatang. Ini tentunya dapat menjadi salah satu jawaban bagi persoalan krisis hunian terjangkau.

“Dengan populasi London yang terus meningkat dan permintaan rumah baru yang semakin tinggi kami berpandangan bahwa bangunan pencakar langit yang dirancang dengan baik, di tempat yang tepat, adalah bagian dari solusi,” kata Chairman New London Architecture Peter Murray.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com