Hadiprana dan Ketegasan Sentuhan Indonesia - Kompas.com

Hadiprana dan Ketegasan Sentuhan Indonesia

Kompas.com - 20/12/2017, 19:52 WIB
Desain interior Synthesis Residence Kemang.Dok Synthesis Residence Kemang Desain interior Synthesis Residence Kemang.

KompasProperti - Konsep kultur Indonesia dalam arsitek hunian sudah banyak ditinggalkan. Padahal, jika dikemas sedemikian rupa akan memberi nuansa yang nyaman.

"Karena, unsur Indonesia dan unsur art yang kuat memberikan point of interest yang dibawa dalam desain kontemporer," William C Patty, Principal Design Hadiprana, Sabtu (16/12/2017), ihwal penunjukkannya menangani desain interior apartemen Synthesis Residence Kemang.

Arsitek kelahiran 1929 ini memang memberi unsur Indonesia yang sangat kuat pada apartemen di kawasan Kemang tersebut. Hal itu tercermin dari konsep nama menara yang terdiri dari Arjuna, Nakula dan Sadewa.

Hadiprana sendiri dipercaya untuk mendesain lobi utama, ruang meeting, toilet publik, galeri pemasaran, serta mendesain interior show unit dengan dua tempat tidur dan tiga tempat tidur.

"Ada cerita yang kuat di situ. Berangkat dari nama Arjuna, Nakula, dan Sadewa, kami mencari unsur dari mereka yang fisik dan nonfisik. Kalau fisik terkait dan dengan emblem yang mereka gunakan seperti senjata, perlengkapan baju, kebudayaan saat itu, dengan menonjolkan karakter yang tegas," ujar William.

"Kami kemudian mengimplementasikannya pada masing-masing lobi yang dibuat elegan, ada sisi vertikal yang diberi patern yang berbau Indonesia dan diformulasikan dengan kondisi kekinian. Contohnya, kamarnya didesain agar tampil lebih rileks, tapi sisi komersialnya tetap muncul. Di situ juga kami munculkan hadirkan unsur kerajaan seperti aksesorisnya," tambahnya. 

Boleh jadi, dunia arsitek Indonesia tidak akan melewatkan nama Hendra Hadiprana. Arsitek kawakan ini telah mengisi sejarah dunia arsitek dan interior Indonesia dengan ciri khasnya yang selalu memancarkan unsur kearifan lokal dalam balutan gaya kontemporer.

Sebagai generasi kedua Hadiprana, William bertutur, dirinya diwariskan sejumlah strategi untuk bertahan dalam industri properti. Menurut dia, ada tiga strategi utama agar jasa konsultan arsitek tetap digemari dan dicari.

Pertama, pola pendekatan kepada calon klien. Kedua, ciri khas karakter desain yang tetap terjaga. Terakhir, pembangunan karakter personal desain.

"Secara profesional kami diorganisir dengan sistem yang mumpuni. Tapi, di saat bersamaan itu juga melibatkan sentuhan pribadi dalam setiap karya dengan tetap memberikan aspek komposisi, proporsi dan harmoni," ujarnya.

Bisa dikatakan, tak sedikit klien yang dengan bangga memamerkan bahwa rumah atau proyeknya didesain oleh Hadiprana. William bilang, dari situ ada kebanggaan dan rasa nyaman yang sulit digantikan dengan apapun.

"Ada value added yang dirasakan sangat bermanfaat," tambahnya.


EditorLatief
Komentar
Close Ads X