Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juli 2018, Konstruksi Tol Becakayu Rampung Seluruhnya

Kompas.com - 03/11/2017, 11:38 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

BEKASI, KompasProperti - Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) seksi 1B dan 1C sepanjang 8,26 kilometer yang terbentang dari Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (3/11/2017) pagi.

Seksi yang diresmikan ini adalah sebagian dari total panjang Seksi I 11,9 kilometer. Sementara pembangunan lainnya menyisakan Seksi ll A sepanjang 4,1 kilometer dan Seksi II B 7,8 kilometer.

Baca juga : Tol Becakayu Gratis sampai 2 Minggu ke Depan

"Selesainya Juli tahun depan total panjang 16,5 kilometer. Ini kan baru separuhnya, 8 kilometer," ujar Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk M. Choliq usai peresmian Becakayu.

Suasana lalu lintas di Pangkalan Jati, Kalimalang Jumat (3/11/2017) pagi. Presiden Joko Widodo akan meresmikan tol Becakayu seksi 1B dan 1C Cipinang JakasampurnaKompas.com/Setyo Adi Suasana lalu lintas di Pangkalan Jati, Kalimalang Jumat (3/11/2017) pagi. Presiden Joko Widodo akan meresmikan tol Becakayu seksi 1B dan 1C Cipinang Jakasampurna
Dari segi penetapan tarif untuk seksi yang dibuka, Choliq mengaku belum mendapatkan amandemennya.

Besaran tarifnya masih menunggu Peraturan Menteri (Permen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang kemungkinan terbit 2 minggu lagi.

Baca juga : Beroperasinya Tol Becakayu, Berkah bagi Bisnis Properti

Adapun untuk investasi tol sepanjang total 23,76 kilometer ini, dana yang dihabiskan adalah sebesar Rp 8,5 triliun.

Hak konsesi jalan bebas hambatan ini dipegang oleh PT Kresna Kusuma Dyandra Marga dengan kepemilikan sahamnya PT Waskita Toll Road sebesar 98,97 persen dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 1,03 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com