Juli 2018, Konstruksi Tol Becakayu Rampung Seluruhnya

Kompas.com - 03/11/2017, 11:38 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu di Jakarta Timur, Jumat (3/11/2017) KOMPAS.com/IHSANUDDINPresiden Joko Widodo meresmikan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu di Jakarta Timur, Jumat (3/11/2017)
|
EditorHilda B Alexander

BEKASI, KompasProperti - Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) seksi 1B dan 1C sepanjang 8,26 kilometer yang terbentang dari Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (3/11/2017) pagi.

Seksi yang diresmikan ini adalah sebagian dari total panjang Seksi I 11,9 kilometer. Sementara pembangunan lainnya menyisakan Seksi ll A sepanjang 4,1 kilometer dan Seksi II B 7,8 kilometer.

Baca juga : Tol Becakayu Gratis sampai 2 Minggu ke Depan

"Selesainya Juli tahun depan total panjang 16,5 kilometer. Ini kan baru separuhnya, 8 kilometer," ujar Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk M. Choliq usai peresmian Becakayu.

Suasana lalu lintas di Pangkalan Jati, Kalimalang Jumat (3/11/2017) pagi. Presiden Joko Widodo akan meresmikan tol Becakayu seksi 1B dan 1C Cipinang JakasampurnaKompas.com/Setyo Adi Suasana lalu lintas di Pangkalan Jati, Kalimalang Jumat (3/11/2017) pagi. Presiden Joko Widodo akan meresmikan tol Becakayu seksi 1B dan 1C Cipinang Jakasampurna
Dari segi penetapan tarif untuk seksi yang dibuka, Choliq mengaku belum mendapatkan amandemennya.

Besaran tarifnya masih menunggu Peraturan Menteri (Permen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang kemungkinan terbit 2 minggu lagi.

Baca juga : Beroperasinya Tol Becakayu, Berkah bagi Bisnis Properti

Adapun untuk investasi tol sepanjang total 23,76 kilometer ini, dana yang dihabiskan adalah sebesar Rp 8,5 triliun.

Hak konsesi jalan bebas hambatan ini dipegang oleh PT Kresna Kusuma Dyandra Marga dengan kepemilikan sahamnya PT Waskita Toll Road sebesar 98,97 persen dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 1,03 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.