Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Bawah Tol Becakayu, Warga Histeris Meneriakkan "Jokowi, Jokowi"

Kompas.com - 03/11/2017, 10:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

BEKASI, KompasProperti — Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu, Jumat (3/11/2017) pagi.

Dalam peresmian tersebut, Presiden Jokowi didampingi

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

Baca juga: Setelah Diresmikan Jokowi, Tol Becakayu Akan Dibuka secara Gratis

Saat berbincang dengan para menteri, Presiden Jokowi berjalan menyusuri bagian tepi jalan tol. Untuk diketahui, konstruksi jalan tol ini memang dibuat melayang atau elevated dengan jalan arteri di bagian bawah.

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat peresmian Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Jumat (3/11/2017).Garry Andrew Lotulung/Kompas.com Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat peresmian Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Jumat (3/11/2017).
Ketika melihat Presiden Jokowi di pinggir jalan tol, warga yang sedari pagi berdiri di bawah langsung histeris dan meneriakkan nama Jokowi.

Menanggapi panggilan warga, Jokowi tersenyum sesaat, kemudian kembali melanjutkan berbicara dengan para menteri.

"Ya, saya datang untuk melihat Pak Jokowi saja. Kan, belum pernah melihat langsung," ujar Siti, salah seorang warga yang tinggal tidak jauh dari Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), kepada KompasProperti seusai peresmian.

Berdasarkan pantauan, sejumlah warga memenuhi beberapa lokasi di jalan tol. Pertama adalah di jalan masuk bagian tol. Selain itu, warga juga berdiri di sepanjang sisi jalan arteri bagian bawah tol.


Ruas tol yang diresmikan Presiden Jokowi adalah Seksi 1B dan 1C sepanjang 8,26 kilometer yang terbentang dari Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna.

Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi)  Jumat (3/11/2017).Garry Andrew Lotulung/Kompas.com Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Jumat (3/11/2017).
Konstruksi yang berupa jalan layang yang membentang dari wilayah Tambun Bekasi sampai dengan wilayah Kampung Melayu bagian timur Kota Jakarta sepanjang 23,76 kilometer.

Tol Becakayu dibangun dan diperasikan secara bertahap, yaitu Seksi l sepanjang 11,9 kilometer, Seksi ll A sepanjang 4,1 kilometer dan Seksi II B sepanjang 7,8 kilometer.

Seksi I membentang dari Casablanca hingga Jaka Sampurna sementara Seksi ll adalah dari Jaka Sampurna sampai Duren Jaya. Investasinya sebesar Rp 8,5 triliun.

Nantinya, tol ini dikelola adalah PT Kresna Kusuma Dyandra Marga yang kepemilikan sahamnya dimiliki oleh PT Waskita Toll Road 98,97 persen dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 1,03 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com