Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Becakayu Gratis sampai 2 Minggu ke Depan

Kompas.com - 03/11/2017, 10:30 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

BEKASI, KompasProperti — Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) sudah dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (3/11/2017) pagi.

Setelah diresmikan, tol ini bisa dilintasi pengendara secara gratis sampai Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) soal tarif diterbitkan.

"Finalnya (tarif berapa) belum (dipastikan). Kira-kira dua minggu lagi. Jadi, masih gratis sampai dua minggu ke depan," ujar Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk M Choliq seusai peresmian.

Baca juga: Beroperasinya Tol Becakayu, Berkah bagi Bisnis Properti

Presiden Joko Widodo (rompi merah) meninjau ruas jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di kawasan Jakasampurna, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (3/11/2017). Presiden Joko Widodo meresmikan ruas jalan tol yakni Seksi 1B dan 1C sepanjang 8,26 kilometer yang terbentang dari Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGKOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Presiden Joko Widodo (rompi merah) meninjau ruas jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di kawasan Jakasampurna, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (3/11/2017). Presiden Joko Widodo meresmikan ruas jalan tol yakni Seksi 1B dan 1C sepanjang 8,26 kilometer yang terbentang dari Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
Choliq mengatakan saat ini belum menerima tarif yang sudah diamandemen. Sebelumnya, tarif yang ditentukan adalah Rp 1.100 per kilometer. 

Ruas tol yang diresmikan Jokowi adalah seksi 1B dan 1C sepanjang 8,26 kilometer yang terbentang dari Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna.

Konstruksi yang berupa jalan layang (elevated) membentang dari wilayah Tambun Bekasi sampai dengan wilayah Kampung Melayu bagian timur Kota Jakarta sepanjang 23,76 kilometer.

Suasana ruas jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu),  yang diresmikan Presiden Joko Widodo di kawasan Jakasampurna, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (3/11/2017). Presiden Joko Widodo meresmikan ruas jalan tol yakni Seksi 1B dan 1C sepanjang 8,26 kilometer yang terbentang dari Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Suasana ruas jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), yang diresmikan Presiden Joko Widodo di kawasan Jakasampurna, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (3/11/2017). Presiden Joko Widodo meresmikan ruas jalan tol yakni Seksi 1B dan 1C sepanjang 8,26 kilometer yang terbentang dari Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna.

Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) dibangun dan dioperasikan secara bertahap, yaitu seksi l sepanjang 11,9 kilometer, seksi llA 4,1 kilometer, dan seksi IIB 7,8 kilometer.

Seksi I membentang dari Casablanca hingga Jakasampurna, sementara seksi ll dari Jakasampurna sampai Duren Jaya. Investasinya Rp 8,5 triliun.

Tol ini dikelola PT Kresna Kusuma Dyandra Marga yang kepemilikan sahamnya dimiliki PT Waskita Toll Road 98,97 persen dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk 1,03 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com