Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebagian Tol Becakayu Segera Diresmikan

Kompas.com - 25/10/2017, 15:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Sebagian ruas Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) segera diresmikan.

Jalan tol yang sempat mangkrak selama 22 tahun ini, kembali digarap pada era pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla pada November 2014 lalu.

Seksi yang bakal diresmikan yaitu Seksi 1B dan 1C yang menghubungkan Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna sepanjang 8,26 kilometer.

"Saya ingin melihat langsung ke lapangan progres Tol Becakayu dan akan saya laporkan kepada Presiden di sidang kabinet," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis yang diterima awak media, Selasa (24/10/2017).

Tol Becakayu dirancang sepanjang 21,04 kilometer. Untuk Seksi IA dari DI Panjaitan-Cipinang sepanjang 3,19 kilometer ditargetkan rampung April 2018.

Sementara, secara keseluruhan progres pekerjaan Tol Becakayu untuk dua seksi, yaitu Seksi I dan Seksi II baru mencapai 45,61 persen. Pemerintah menargetkan, seluruh seksi dapat dioperasikan pada tahun 2021.

Meski baru sebagian, kehadiran tol ini diharapkan dapat menambah kapasitas jalan yang ada. Selama ini, masyarakat kerap mengeluh kemacetan yang dirasakan oleh mereka, ketika melintasi Jalan Raya Kalimalang dan Tol Jakarta-Cikampek. 

Dengan adanya adanya tol ini, masyarakat dapat memiliki pilihan lain saat berkendara guna menghindari kemaceta yang ada. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com