Jalan Nasional Banyumas Dipastikan Mulus Saat Mudik Lebaran

Kompas.com - 29/05/2017, 20:00 WIB
Pengendara motor melintasi jalan berlubang dan bergelombang di Jalan Raya Brebes-Ajibarang, di Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (16/1/2017). Jalur nasional tersebut dinilai sudah tidak memadai. Lebar jalur rata-rata hanya enam meter sehingga tidak berimbang dengan intensitas kendaraan berat yang semakin banyak melintasi jalur tersebut. Kondisi jalan yang cepat rusak juga menyebabkan ruas penghubung jalur pantura dengan jalur selatan Jateng ini rawan kecelakaan. GREGORIUS MAGNUS FINESSOPengendara motor melintasi jalan berlubang dan bergelombang di Jalan Raya Brebes-Ajibarang, di Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (16/1/2017). Jalur nasional tersebut dinilai sudah tidak memadai. Lebar jalur rata-rata hanya enam meter sehingga tidak berimbang dengan intensitas kendaraan berat yang semakin banyak melintasi jalur tersebut. Kondisi jalan yang cepat rusak juga menyebabkan ruas penghubung jalur pantura dengan jalur selatan Jateng ini rawan kecelakaan.
EditorHilda B Alexander

BANYUMAS, KompasProperti - Kepala Kepolisian Resor Banyumas Ajun Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah memastikan ruas jalan nasional di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, siap dilalui pemudik.

"Dari hasil pantauan kami, 80 persen ruas jalan nasional yang ada di Banyumas dalam kondisi baik dan siap dilalui pemudik," kata Azis di Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Senin sore (29/5/2017).

Azis memastikan hal tersebut usai memantau kondisi ruas jalan nasional di jalur selatan Jawa Tengah maupun jalan penghubung jalur pantai utara (pantura) dengan jalur selatan menjelang arus mudik dan balik Lebaran 2017.

Kendati demikian, dia mengakui masih ada sekitar 20 persen jalan nasional yang mengalami kerusakan dan hingga kini masih dalam perbaikan, salah satunya betonisasi ruas jalan di Jatilawang.

"Pantuan kami, ruas jalan nasional yang ada di Banyumas, cukup baik, 80 persen, kondisinya bagus. Ini jauh lebih maju ketimbang beberapa bulan lalu, yang enggak sampai 50 persen," katanya.

Terkait betonisasi ruas jalan di Jatilawang, Azis mengatakan telah mendapatkan komitmen dari pelaksana proyek bahwa pekerjaan akan selesai dalam kurun tiga hingga lima hari.

Sementara untuk perbaikan di jalan penghubung jalur pantura dengan jalur selatan khususnya ruas Ajibarang-Wangon, Azis akan meminta dinas terkait agar pekerjaan tersebut dapat diselesaikan sebelum H-10 Lebaran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Pejabat Pembuat Komitmen Pelaksana Jalan Nasional Wangon-Purworejo Farman Ali mengatakan panjang ruas jalan nasional Wangon-Jatilawang yang dibeton mencapai 2,8 kilometer.

"Kami optimistis saat arus mudik sudah dapat dilalui dua arah karena saat sekarang sedang dalam tahap penyelesaian," kata dia.

Demikian pula dengan PPK PJN Ajibarang-Wangon-Batas Jawa Barat Djoko Satrio mengaku optimistis perbaikan ruas jalan nasional tersebut akan selesai pada H-10 Lebaran.

Baca tentang


Sumber ANTARA
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X