Bermotor Trail, Jokowi dan Basuki Susuri Trans-Papua

Kompas.com - 10/05/2017, 23:30 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan motor trail saat menjajal salah satu ruas jalan Trans Papua, Rabu (10/5/2017) KemensetnegPresiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan motor trail saat menjajal salah satu ruas jalan Trans Papua, Rabu (10/5/2017)
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

HABEMA, KompasProperti - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakya (PUPR) Basuki Hadimuljono menelusuri jalan Trans-Papua tepatnya di Kabupaten Jayawijaya, Rabu (10/5/2017).

Jalan yang disusuri sepanjang 7 kilometer dengan mengendarai sepeda motor trail itu berada di antara KM 35 hingga KM 42 ruas Wamena-Habema.

Di sepanjang perjalanan, Presiden dan rombongan disuguhi pemandangan Danau Habema yang eksotik. Danau tersebut berada di atas ketinggian 3.225 mdpl.

"(Kalau) kita naik mobil berbeda sensasinya dengan kita naik (motor) trail. (Dengan motor trail) kita bisa merasakan langsung sulitnya membangun Trans Papua," tutur Jokowi saat menjumpai wartawan di tepi Danau Habema.

Jalan menuju danau Habema dari distrik Wamena terbilang mulus, karena 37,5 kilometer di antaranya telah diaspal dan sisanya masih berupa perkerasan tanah.

Suhu udara yang awalnya sejuk berkisar 17 derajat celcius pada pagi hari, terus merangkak turun hingga 10 derajat menjelang sore.

Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beserta rombongan menyusuri jalan Trans Papua yang menghubungkan kabupaten/kota di Provinsi Papua dan Papua Barat, Rabu (10/4/2017).
Kendati demikian, penurunan suhu tersebut tak mengurungkan niat Jokowi dan Basuki untuk tetap mengendarai sepeda motor dengan kapasitas mesin 150 cc itu.

Ruas Wamena-Habema-Kenyam-Mumugu merupakan bagian dari segmen 5 Trans-Papua dengan panjang 284,3 kilometer yang pada 2016 lalu berhasil ditembus dengan menggandeng Direktorat Zeni TNI AD.

"(Jalan Trans Papua) awalnya dibuka oleh Zeni TNI AD. Selanjutnya diteruskan oleh Kementerian PUPR untuk mengaspal. Saya kira kalau duet seperti ini terus dilakukan ini akan mempercepat penyelesaian," tambah Jokowi.

Tahun ini, Kementerian PUPR melanjutkan kerja sama dengan TNI AD untuk menurunkan grade permukaan badan jalan yang masih tinggi di tempat-tempat tertentu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X