Dua Pertimbangan Utama Berinvestasi Kondotel di Bali

Kompas.com - 21/06/2016, 17:17 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.
Penulis Latief
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Lokasi strategis dan imbal hasil yang menguntungkan adalah dua hal utama perlu dipertimbangkan oleh mereka yang tertarik berinvestasi di sektor properti, khususnya kondotel. Demikian dipaparkan Ratdi Gunawan, Marketing Consultant Grand Orange Condotel Pandawa Beach Bali kepada Kompas.com, Minggu (19/6/2016).

Sebetulnya, lanjut Ratdi, banyak faktor harus diperhatikan sebelum orang memutuskan berinvestasi kondotel. Tapi, dua pertimbangan tadi benar-benar tidak boleh luput dari perhatian.

"Karena meskipun sama dengan apartemen, pertimbangan memilih lokasi kondotel mutlak harus tepat, terutama karena konsep hotelnya. Ada baiknya memang yang di kawasan wisata seperti Bali atau kawasan wisata lainnya,” ujar Ratdi.

“Sementara faktor balik modal adalah pertimbangan finansial yang perlu diperhatikan lebih rinci, karena di sinilah nilai investasi itu akan terasa atau tidak oleh si investor," tambahnya.

Ratdi mengatakan, memilih Bali sebagai lokasi misalnya, sudah sangat tepat mengingat Pulau Dewata masih salah satu tujuan utama wisatawan, baik domestik maupun internasional.

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia sepanjang Maret 2016 tercatat mencapai 915 ribu kunjungan. Angka itu naik 8,79 persen dibandingkan pada Maret tahun lalu dan meningkat 3,01 persen dibanding Februari 2016.

Dok PT Puri Bali Sentosa Kawasan Pantai Pandawa, Bali.
Berdasarkan data itu, pintu masuk utama bandara di Indonesia yang mencatat angka tinggi untuk kedatangan wisatawan asing adalah Lombok, Nusa Tenggara Barat, sebesar 22,52 persen dan diikuti oleh Ngurah Rai, Bali, sebanyak 20,36 persen.

"Jadi, tak salah ketika pertimbangan investasi di lokasi wisata seperti Bali ini adalah kondotel. Dengan okupansi rata-rata di atas 70 persen, imbal hasilnya bisa mencapai 100 persen dan modal kembalinya rata-rata 7 sampai 8 tahun," tutur Ratdi.

Terbukti, lanjut Ratdi, Grand Orange Condotel Pandawa Beach yang berlokasi hanya 400 sampai 500 m dari Pantai Pandawa sudah terjual 80 persen dalam waktu 5 bulan sejak dipasarkan.

Target pasar

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X