Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendati Persaingan Sengit, Hotel Mewah di Bali Terus Menjamur

Kompas.com - 10/04/2016, 23:27 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Pesona Pulau Dewata betul-betul membius pebisnis dan investor perhotelan. Terbukti, hotel-hotel anyar di Bali terus bermunculan bak cendawan di musim hujan. 

Dalam catatan Colliers International Indonesia, hingga kuartal I-2016 terdapat 57.446 kamar hotel.

Rinciannya, hotel ekonomi atau budget sebanyak 2.869 kamar, hotel bintang tiga 16.409 kamar, hotel bintang empat 20.607 kamar dan hotel bintang lima dan mewah sebanyak 17.561 kamar.

Jumlah tersebut akan terus bertambah jika dihitung hotel-hotel dalam pipa pengembangan (pipe line project) sampai 2019 mendatang sebanyak 17.046 kamar dari 104 hotel.

"Banyaknya hotel baru ini mengakibatkan persaingan bisnis hotel kian sengit," tulis Colliers.

Hal ini berpengaruh kepada tingkat hunian yang mengalami penurunan selama tiga bulan pertama tahun 2016 hingga 6,3 persen lebih rendah dibanding kuartal IV-2015.

Kemerosotan lebih dalam ditunjukkan STR Global dalam risetnya pada Januari 2016. Menurut mereka kinerja tingkat hunian turun dua digit yakni 14,7 persen menjadi hanya 55,8 persen. 

Demikian halnya dengan tarif rerata harian atau average daily rate (ADR) yang jatuh 6,3 persen dari sebelumnya 117,57 dollar AS menjadi 110,13 dollar AS.

Kemerosotan ADR tertinggi dialami hotel-hotel di wilayah Bali pusat sebesar 7,4 persen menjadi 76,71 dollar AS. Sementara di Bali Selatan melorot 4,4 persen menjadi 152,82 dollar AS.

Hotel mewah

Namun, kemerosotan kinerja itu tak menyurutkan para investor dan pebisnis perhotelan mundur. Mereka malah semakin gencar melakukan ekspansi.

Tidak hanya mereka yang bisnis intinya (core business) hospitalitas maupun properti, melainkan juga produsen barang kebutuhan rumah tangga (home appliance) macam Maspion Group.

Yang menarik, mereka langsung bermain di kelas hotel mewah yakni Edison Hotel & Residences di Pantai Balangan, Jimbaran, sebanyak 250 kamar. Hotel perdana Edison ini akan beroperasi pada 2019.

Kehadiran Edison Hotel & Residences menggenapi jumlah kelas hotel mewah yang sudah terkonfirmasi buka di Bali sebanyak 2.040 kamar dari 14 hotel.

Dokumentasi PT Ciputra Property Tbk Rosewood Tanah Lot Bali
Keempatbelas hotel mewah tersebut adalah Shangri-La Nusa Dua Resort & Spa, Mandarin Oriental Bali, Kempinski Nusa Dua, Raffles Bali, Fairmont Hotel & Resort, Jumeirah, Andaz Hotel Bali by Hyatt, dan Waldorf Astoria Bali Uluwatu.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com