Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Pemerintah Resmikan Pelabuhan di Indonesia Timur

Kompas.com - 31/05/2016, 16:56 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

MARAPOKOT, KOMPAS.com - Setelah membuka 21 pelabuhan di Kepulauan Maluku, pada Senin (30/5/2016), Kementerian Perhubungan kembali melakukan peresmian sejumlah pelabuhan di kawasan Indonesia Timur lainnya.

Baca: 21 Pelabuhan di Kepulauan Maluku Diresmikan

Ada 9 pelabuhan yang dibuka secara simbolis oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugiharto di Marapokot, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Selasa (31/5/2016). 

Sugiharto mengatakan, peresmian 9 pelabuhan ini merupakan perwujudan program membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah–daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu,infrastruktur pelabuhan ini sebagai implementasi fokus kerja Kementerian Perhubungan, yaitu peningkatan kapasitas pelabuhan, mendorong konektivitas pelayaran antar wilayah demi meminimalisir masalah disparitas harga yang menjadi permasalahan utama saat ini.

Pelabuhan Marapokot merupakan salah satu dari 9 pelabuhan yang diresmikan. Sementara delapan pelabuhan lainnya adalah Pelabuhan Lamakera, Pelabuhan Waiwerang, Pelabuhan Komodo, Pelabuhan Terong, Pelabuhan Wuring, Pelabuhan Palue, Pelabuhan Naikliu, dan Pelabuhan Kolbano.

Dalam laporannya, Direktur Kepelabuhanan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Mauritz Sibarani menyampaikan, Pelabuhan Marapokot yang berada di kabupaten Nagekeo, dibangun selama sepuluh tahun, yakni sejak tahun 2005 hingga 2015.

Dengan total anggaran yang dikucurkan sekitar Rp 43 miliar, pelabuhan ini memiliki dermaga sepanjang 157 meter, trestle sebanyak 2 unit dengan panjang masing-masing 77 meter, terminal penumpang, kantor, gudang dan pos jaga.

Pelabuhan ini juga dapat disandari kapal berukuran hingga 3000 DWT.

"Dengan diresmikannya sembilan pelabuhan ini, kami harap dapat meningkatkan konektivitas, mobilitas masyarakat, dan kelancaran distribusi logistik, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah NTT dan sekitarnya," tutur Mauritz.

Sementara ke-8 pelabuhan lainnya adalah Pelabuhan Laut Lamakera, Pelabuhan Laut Waiwerang, Pelabuhan Laut Komodo, Pelabuhan Laut Terong, Pelabuhan Laut Wuring, Pelabuhan Laut Palue, Pelabuhan Laut Naikliu, dan Pelabuhan Laut Kolbano.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com