Ini Modal ICE BSD City Bersaing dengan JCC dan JIEXPO

Kompas.com - 17/05/2016, 12:00 WIB
Area luar Indonesia Convention Exhibition (ICE), Selasa (10/5/2016) Ridwan Aji Pitoko/Kompas.comArea luar Indonesia Convention Exhibition (ICE), Selasa (10/5/2016)
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemunculan Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Serpong, Tangerang, memang mendobrak kemapanan Jakarta Convention Center (JCC) dan Jakarta International Expo (JIEXPO) yang kerap menjadi pilihan penyelenggara pameran.

Sejak diresmikan pada 4 Agustus 2015, ICE telah menjadi venue beberapa pameran dan konser baik domestik maupun luar negeri.

Michael Buble, Katy Perry, Super Junior, dan akan datang Selena Gomez adalah sederet artis internasional yang pernah dan akan menggelar konsernya di ICE BSD City.

Sedangkan untuk pameran, ICE telah menjadi tempat Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dan bazar buku impor Big Bad Wolf.

Secara cepat, ICE mulai menjadi ikon Serpong terutama BSD City dengan keberhasilannya menjadi venue bagi acara-acara besar.

"ICE bentukan usaha patungan Sinarmas Land dan Kompas Gramedia bukan hanya jadi peluang bisnis tapi juga persembahan untuk negara, untuk masyarakat, dan menjadi landmark untuk Banten," jelas Presiden Direktur Mahayana Convex Indonesia, Hyang I Mihardja, kepada Kompas.com, pekan lalu.

Keberhasilan ICE tersebut menurut Hyang tak terlepas dari keunggulan yang dimiliki dibandingkan gedung-gedung ekshibisi lainnya.

Keunggulan pertama adalah dari sisi luasnya fungsi yang lebih besar dari JCC dan JIEXPO. Kendati dari luas area ICE kalah jauh karena hanya berdiri di atas lahan seluas 22 hektar.

"Tapi fungsi gedungnya itu, ruangan-ruangan di ICE mencapai 66.000 meter persegi, kalau di JCC kurang lebih 25 sampai 28.000 meter persegi dan JIExpo itu karena sudah bangun hall baru bisa sampai 40.000 meter persegi," tambah Hyang.

Keunggulan kedua, lanjut Hyang adalah dari segi desain dan arsitekturnya. Menurutnya, desain dan arsitektur ICE sengaja dibuat layaknya hotel bintang lima dengan karpet dan dinding setara.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X