Kompas.com - 16/05/2016, 20:00 WIB
Area luar Indonesia Convention Exhibition (ICE), Selasa (10/5/2016) Ridwan Aji Pitoko/Kompas.comArea luar Indonesia Convention Exhibition (ICE), Selasa (10/5/2016)
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya pameran, ekshibisi, dan konferensi mendorong investor membangun venue untuk fungsi tersebut.

Di Jakarta, setidaknya ada dua venue yang kerap dijadikan tempat untuk menggelar acara-acara besar semacam pameran, konser musik, dan konferensi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dua tempat tersebut adalah Jakarta Convention Center (JCC) di Senayan dan Jakarta International Expo (JIEXPO) di Kemayoran.

Keduanya merupakan favorit organisasi penyelenggara untuk menggelar acaranya. JCC dikenal sebagai tempat perhelatan bermacam pameran, mulai dari properti, pernikahan, travel, dan fashion.

Sedangkan JIEXPO digunakan sebagai tempat gelaran Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang diselenggarakan tiap tahun.

Ridwan Aji Pitoko/Kompas.com Simbol wayang menghadang pengunjung tepat di pintu masuk ICE BSD.

Namun, kini keberadaan kedua tempat tersebut mulai "diusik" oleh Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Serpong, Tangerang.

ICE yang diresmikan pada 4 Agustus 2015 telah menjadi tempat digelarnya berbagai macam acara mulai dari konser musik, pameran teknologi, pameran otomotif, dan pameran buku.

ICE yang dibangun oleh PT Indonesia International Expo (IIE), sebuah usaha patungan antara Sinarmas Land dan Kompas Gramedia (KG), ini dimaksudkan untuk melengkapi gedung-gedung pameran sebelumnya.

"Itu makanya Sinarmas Land dan KG kerja sama untuk bisa mempersembahkan venue ICE ini. Ini bukan hanya jadi peluang bisnis, tapi juga persembahan untuk negara, untuk masyarakat, dan menjadi landmark Banten," kata Presiden Direktur Mahayana Convex Indonesia, Hyang I Mihardja, kepada Kompas.com, pekan lalu.

Ridwan Aji Pitoko/Kompas.com Simbol wayang di Mezzanine Floor ICE BSD City.

Hyang menuturkan, keberadaan ICE saat ini mengakomodasi okupansi JCC dan JIEXPO yang telah sangat padat.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.