Ada dalam Daftar "Offshore Leaks", Ketua Umum REI Bungkam

Kompas.com - 08/04/2016, 10:00 WIB
Daftar perusahaan Eddy Hussy tercantuk dalam Hilda B Alexander/Kompas.comDaftar perusahaan Eddy Hussy tercantuk dalam "Offshore Leaks".
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain Agung Podomoro Group, nama besar lain di sektor properti yang masuk dalam daftar "Offshore Leaks" adalah Eddy Hussy.

Eddy merupakan Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia (REI) atau asosiasi pengembang properti yang berkedudukan di Indonesia.

Pria berkulit terang ini tercatat dalam daftar "Offshore Leaks" sebagai direktur Rossborne Holdings Ltd sejak tahun 23 Juni 2009. 

Selain menjabat sebagai direktur, Eddy juga merupakan pemegang saham Rossborne Holdings Ltd bersama Jimmy Samantha, Pang Teck Huat. 

Eddy mencatatkan dirinya saat membentuk perusahaan itu berdasarkan domisili di RT 04/06 Perumahan Anggrek Mase 33, Kota Batam, Kepulauan Riau. 

Menurut International Consortium of Investigative Journalist (ICIJ), Rossborne Holdings Ltd hingga kini berstatus masih aktif.

Saat dikonfirmasi berkali-kali oleh Kompas.com pada Rabu (6/4/2016), dan Kamis (7/4/2016) Eddy tak memberikan tanggapan hanya membaca pesan dan pertanyaan yang diajukan melalui whatsapp, dan tidak mengangkat komunikasi melalui telepon.

Berbeda dengan "Panama Papers" yang berangkat dari bocornya data firma hukum Mossack Fonseca, "Offshore Leaks" berasal dari data yang didapat dari firma hukum Portcullis TrustNet di Singapura dan Commonwealth Trust Ltd di British Virgin Island (BVI).

Firma hukum tersebut berkantor pusat di Singapura. Awalnya, pengacara asal Singapura David Chong membeli TrustNet dan bergabung dengan Offshore Portcullis.

Portcullis TrustNet mempunyai klien sejumlah 77.000 individu dan institusi. Sebanyak 45.000 klien di antaranya berasal dari China, Taiwan, dan beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X