Kompas.com - 20/09/2015, 15:39 WIB
|
EditorHilda B Alexander
LONDON, KOMPAS.com - Satu lagi pencakar langit mewah di distrik keuangan London, Inggris, yang tak kalah beken dibanding The Shard, yakni 30 St Mary Axe. Bentuknya yang lonjong, menjadikan gedung setinggi 179,8 meter ini juga ditahbiskan sebagai The Gherkin alias acar timun. 

Popularitas "si acar timun" ini bahkan semakin melesat tatkala hasil manipulasi fotonya digunakan dalam berbagai kampanye iklan komersial, termasuk iklan disfungsi ereksi alat kelamin pria. Iklan jenaka tersebut terbit dalam surat kabar The Evening Standard yang diprakarsai oleh rantai farmasi Inggris, toko obat Lloyds. 


Gambar hasil manipulasi foto The Gherkin muncul di atas judul utama iklan berbunyi "Lost the perk-in in your gherkin". Headline tersebut diikuti dengan kalimat "Perawatan Disfungsi Ereksi yang Bisa Anda Percaya".

www.dezeen.com Iklan jenaka tersebut terbit dalam surat kabar The Evening Standard yang diprakarsai oleh rantai farmasi Inggris, tepatnya toko obat Lloyds.
Ini bukan kali pertama The Gherkin ambil bagian dalam karya jenaka. Iklan The Evening Standard  tersebut seolah mengulang gambar karya arsitek dan urbanis, Leon Krier. Dalam gambarnya, Krier menampilkan struktur yang beroperasi pada 2004 ini sebagai "priapisme arsitektural". Krier mengabadikan hasil desain Foster+Partners ini dalam buku yang terbit pada 2009 silam berjudul The Architecture of Community.

"Priapisme kopong dari gedung pencakar langit utilitarian dan monumentalisme patologikal dari omong besar totalitarian adalah pembiakan simbol keangkuhan yang dapat menyebabkan bencana, pembiakan simbol dari hilangnya batasan manusia, dan kemanusiaan secara keseluruhan," ujar Krier dalam bukunya. 

Bahkan, ketika diwawancara oleh The Guardian pada 2006 lalu, Krier menggambarkan The Gherkin sebagai sebuah "penyimpangan seksual".

30stmaryaxe Lobi The Gherkin tampak mewah dengan elemen interior simpel elegan.
Namun, apapun sebutan informal yang disematkan, The Gherkin tetaplah fenomenal. Belum sah ke London jika tidak menginjakkan kaki di gedung berstruktur material baja ini. The Gherkin menawarkan definisi baru ruang perkantoran, lengkap dengan ruang ritel serta restoran berkelas untuk menunjang kebutuhan karyawan maupun bos-bos besar.

Tertinggi ke-10

The Gherkin hingga sekarang tercatat merupakan gedung tertinggi kesepuluh di Inggris. Berdiri angkuh di 30 St Mary Axe, The Gherkin juga dijuluki Swiss Re Tower. Fasadnya yang futuristik diselimuti kaca, dan baja, dianggap sebagai representasi citra modern, terbuka, dan progresif bagi distrik keuangan tertua di dunia.

Serupa dengan The Shard, The Gherkin juga merupakan karya kolaboratif raksasa-raksasa di bidangnya. Selain Foster+Partners, terdapat Arup and Partners, Hillson Moran Partnership Ltd, Skanska, BDSP Partnership, RWDI, CBRE, KONE, dan AkzoNobel.

Saat Kompas.com  berkunjung pada Rabu (16/9/2015) lalu, The Gherkin memang telah menjadi bagian dalam budaya populer Inggris. Dia tidak hanya milik perancangnya, melainkan semua warga dunia yang berkesempatan hadir di sini, merayakan sebuah peradaban dalam bentuk langgam arsitektural dinamis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.